Foto: Istimewa

@Rayapos | Jakarta – Timnas Prancis merebut gelar Piala Dunia 2018. Tim Ayam Jantan menang atas Kroasia 4-2 pada laga final yang berlangsung diStadion Luzhniki, Minggu (15/7) malam WIB.

Gol-gol Prancis disumbangkan lewat bunuh diri Mario Mandzukic, Antoine Griezmann, Kylian Mbappe, Paul Pogba. Sedangkan gol Kroasia dicetak Ivan Perisic dan Mandzukic, sayang dua gol tersebut tak menolong timnya dari kekalahan.

Sama-sama tampil dengan kekuatan penuh, laga sengit pun tersaji sejak peluit kickoff ditiup wasit. Namun Kroasia nampak lebih banyak menekan. Sayang masih belum bisa membongkar pertahanan Prancis.

Akan tetapi Prancis mampu unggul 1-0 lebih dulu lewat gol bunuh diri Mario Mandzukic. Gol berawal dari tendangan bebas Griezmann. Mandzukic yang berusaha menghalau bola justru menjebol gawang sendiri.

Tertinggal satu gol, Kroasia coba menggencarkan gempuran dan tepat. Sepuluh menit berselang, mereka berhasil menyamakan skor. Berawal dari freekick, bola jatuh di kaki Ivan Perisic. Dengan sekali tipuan, ia melepaskan tembakan yang tak bisa dihalau Hugo Lloris.

Prancis kembali unggul setelah sebuah insiden kontroversial tersaji ketika sebuah sepak pojok Prancis mengenai tangan Perisic. Wasit Nestor Pitana menghadiahkan penalti di menit ke-38. Griezmann yang maju sebagai algojo melakukan tugasnya dengan sempurna.

Disisa waktu sebelum turun minum, Pasukan Zlatko Dalic sempat memberikan tekanan. Luca Modric dan kawan-kawan pun menciptakan sejumlah peluang, namun skor 2-1 untuk Prancis tetap hingga jeda.

Baca Juga:

Piala Dunia 2018: Southgate Puji Kepemimpinan Harry Kane

Cristiano Ronaldo Bisa Kembalikan Kejayaan Serie A Italia

Memasuki babak kedua, Kroasia langsung tancap gas. Diawali dengan sepakan keras Ante Rebic berhasil ditepis Lloris, kiper Prancis itu kemudian juga sempat keluar dari sarangnya untuk momotong umpan terobosan berbahaya Kroasia.

Setelahnya, Prancis nyaris memperbesar skor setelah Mbappe melakukan sprint kencang, sayang ia gagal menaklukkan Danijel Subasic. Namun counter attack Tim Ayam Jantan berikutnya kemudian berubah gol.

Paul Pogba menjadi otak serangan ini sebelum bola jatuh kembali di kakinya. Gelandang Manchester United ini lantas langsung melepaskan dua tembakan beruntun dari luar kotak penalti, dengan yang kedua berhasil bersarang di gawang Subasic.

Di menit ke-65, Prancis kembali menjauhkan skor. Menerima umpan Lucas Hernandez di depan kotak penalti, Mbappe secara brilian menembak kencang dan berbuah gol. Ia menjadi remaja pertama yang mencetak gol di final Piala Dunia.

Sayang empat menit berselang, kiper Prancis secara tak terduga melakukan blunder di area sendiri. Menerima back-pass dari Samuel Umtiti, Lloris mencoba melewati sergapan Mandzukic. Sialnya, bola malah mengenai striker Kroasia dan masuk ke gawangnya.

Gol ini pun menghidupkan harapan Kroasia. Sepanjang 20 menit terakhir, mereka terus menekan Prancis dan menciptakan sejumlah peluang. Namun hingga laga usai, skor 4-2 untuk kemenangan Prancis tidak berubah.