Foto: Istimewa

@Rayapos | Jakarta – Kolombia berhasil meraih kemenangan krusial 3-0 saat menghadapi Polandia di grup H. Hasil tersebut sekaligus menyingkirkan Polandia dari turnamen sepak bola terbesar di jagat ini.

Bek Yerry Mina membuka keunggulan timnya pada menit ke-40, sedangkan kapten Radamel Falcao dan pemain sayap Juan Cuadrado mengunci kemenangan dengan dua gol tambahan dalam rentang waktu lima menit.

Kemenangan ini membawa Kolombia berada di peringkat ketiga di klasemen grup dengan koleksi tiga poin, di bawah Jepang dan Senegal, yang bermain imbang 2-2 pada Minggu sore untuk membuat kedua tim itu masing-masing memiliki empat poin.

Bagi Polandia, optimistis yang terbangun dari lolosnya mereka ke perempat final Piala Eropa 2016 dan penampilan yang meyakinkan di kualifikasi terbukti tidak berdampak ketika mereka harus menelan kekalahan kedua secara beruntun.

Taktik ofensif Taktik ofensif Polandia terbatasi oleh bola-bola panjang terhadap penyerang andalan mereka, dan meski Kolombia berusaha memainkan bola di permukaan lapangan mereka tidak mampu mengandalkan operan-operannya.

Di menit ke-37, Kolombia membuka keunggulan melalui tandukan Mina. Ia berhasil menyelesaikan unpan matang Rodriguez. Keunggulan ini pun bertahan hingga turun minum.

Polandia mencoba menggebrak sejak awal babak kedua, sayang perjuangan Lewandowski dan kawan-kawan masih belum mampu menembus pertahanan Kolombia.

Lewandowski akhirnya mendapat kesempatan untuk mencetak gol perdananya di Piala Dunia pada menit ke-58, namun sentuhan pertama pada bola panjang bukan kemampuan terbaiknya dan kiper David Ospina mampu menjinakkan tembakannya.

Baca Juga:

Pelatih Argentina Minta Maaf Atas Kekalahan Timnya

Piala Dunia 2018: Modric Akui Tak Mudah Raih Kemenangan

 

Kolombia akhirnya mampu menggandakan keunggulan. Quintero yang berperan sebagai kreator pada menit ke-70 memberikan umpan kepada Falcao. Ia mengecoh bek Polandia sebelum melesakkan bola melewati Szczesny.

Tertinggal dua gol, Polandia berusaha menekan untuk memperkecil ketertinggalan. Sayangnya, lima menit kemudian mereka justru kemasukan gol ketiga lewat serangan baik tim Kolombia.

Gol berawal dari kreasi serangan Rodriguez, ia mengirimkan operan melintasi lapangan untuk diselesaikan menjadi gol oleh Cuadrado. Hingga wasit meniupkan peluit panjang, skor tetap 3-0 untuk kemenangan Kolombia.

BAGIKAN