Foto: Washington Post

@Rayapos | Jakarta – Kroasia akhirnya melaju ke final Piala Dunia 2018 setelah mengalahkan Inggris dengan skor 2-1 pada laga semifinal di Luzhniki Stadium, Kamis (12/7/2018) dini hari WIB.

Bermain dengan menerapkan strategi 3-5-2, Inggris mampu membuka keunggulan ketika laga baru berjalan lima menit. Tendangan bebas Kieran Trippier tepat merangsek masuk ke sudut gawang Daniel Subasic.

Tertinggal satu gol justru membangkitkan semangat Kroasia. Gempuran demi gempuran dilancarkan Luca Modric dan kawan-kawan beberapa kali mengancam pertahanan The Three Lions.

Selanjutnya Kroasia terus mengurung pertahanan Inggris. Rebic mendapatkan kesempatan terbaik untuk timnya, sayang sepakannya mampu diamankan oleh Jordan Pickford.

Tak lama berselang, Harry Kane ganti memberi tekanan. Ia mendapat peluang terbuka di area penalti Kroasia, tetapi eksekusi dari sudut sempitnya mampu ditepis oleh Subasic. Skor pun tetap bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, Kroasia meneruskan dominasinya menguasai jalannya pertandingan. Mereka pun akhirnya mampu menyamakan kedudukan pada menit ke-68 lewat aksi Ivan Perisic.

Gol balasan berawal dari umpan silang GSime Vrsaljko ke kotak penalti dan Ivan Perisic mampu mengungguli Kyle Walker dalam perebutan bola. Bintang Inter Milan itu dengan mudah menyepak bola ke tiang dekat Pickford.

Pasca skor imbang, jual beli serangan dari kedua kubu terus berlangsung. Peluang demi peluang diciptakan anak-anak Kroasia maupun Inggris.

Baca Juga:

Piala Dunia 2018: Preview Laga Inggris Kontra Kroasia

Piala Dunia 2018: Kalahkan Belgia, Prancis Melenggang ke Final

Di babak tambahan, transaksi serangan kembali terjadi. Satu peluang emas tercipta ketika Mario Mandzukic. Beruntung, Pickford melakukan penyelamatan gemilang.

Inggris terlihat makin kelabakan menghadapi dominasi Kroasia yang terus membombardir lini pertahanannya. Walker melakukan sapuan tak sempurna yang berujung pada umpan Perisic kepada Mandzukic yang dengan mudah menjebol gawang Pickford.