Southgate memberi masukan kepada Harry Kane | Foto: Istimewa

@Rayapos | Jakarta – Timnas Inggris harus pulang dengan tangan hampa di Piala Dunia 2018. Harry Kane pun menjadi sasaran kritik, pasalnya Kapten Three Lions ini menjadi sorotan karena dianggap gagal membawa timnya ke posisi ketiga.

Namun, kemampuan memimpin Kane mendapat pembelaan sang pelatih, Gareth Southgate. Ia menilai pemain Tottenham Hotspur itu telah membawa perubahan dalam permainan Inggris.

“Saya pikir (Kane) mengapteni tim ini dengan sangat baik. Ia memimpin budaya yang kami coba ciptakan. (Jadi) salah menilai pemain mana pun di pertandingan hari ini, jika level energi mereka pendek,” ungkap Southgate sebagaimana dilansir laman Goal, Minggu (15/7/2018).

Baca Juga:

Cristiano Ronaldo Tambah Jumlah Pengikut Medsos Juventus

Tak Juara Piala AFF, Indra Sjafri Minta Maaf

Southgate menjelaskan bahwa saat menghadapi Belgia diperebutan tempat ketiga, dirinya membuat perubahan-perubahan. Hal tersebut dilakukan setelah pada laga semifinal melawan Kroasia mengalami kekalahan di babak perpanjangan waktu.

“Ada usaha sendiri, kualitas permainan ada di sana. Namun kami melawan tim yang lebih baik, jauh di atas kami dalam perkembangan mereka, mungkin tim (Belgia) terbaik yang pernah ada. Kami belum di tahap itu,” tuturnya.

Mantan pelatih Middlesbrough ini mengakui memang agak ‘berat’ untuk mengangkat semangat para pemain. off. Kami ingin berusaha dan mendapatkan medali dan semua staf ingin finis di level atas,” tukasnya.