Ilustrasi latihan menembak dengan pistol Glock 17. Foto: Pistol Training

@Rayapos | Jakarta – Penembakan ruang kerja anggota DPR, Senin (15/10/2018) sore menghebohkan. Keterangan resmi polisi, diduga penembak Perbakin menggunakan pistol Glock.

“Kemungkinan jenisnya Glock,” ucap Ketua Perbakin DKI Jakarta, Irjen Pol Setyo Wasisto, di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (15/10/2018). Pelurunya ukuran 9 milimeter.

Setyo yang juga Kadiv Humas Polri itu menjelaskan, itu tembakan nyasar. Penembaknya anggota Perbakin berinisial I dari Tangerang Selatan.

I sedang latihan menembak di Lapangan Tembak Senayan. Dia latihan menembak sasaran bergerak.

“Tembakannya nyasar ke Gedung DPR,” kata Setyo. Tapi, I diperiksa polisi untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya.

Lokasi Lapangan Tembak berada di seberang Gedung DPR. Jika seseorang berdiri di Lapangan Tembak, dia bisa melihat Gedung DPR Nusantara 1 yang kacanya tertembus peluru.

Berdasarkan perhitungan GoogleMaps, jarak antara Lapangan Tembak dengan gedung Nusantara I tercatat 389,5 meter. Itu jika ditarik garis lurus horisontal. Dari laras pistol sampai dinding Gedung Nusantara 1.

Titik lokasi menembak dengan titik tembus peluru. Foto: GoogleMaps
Titik lokasi menembak dengan titik tembus peluru. Foto: GoogleMaps

Nah, titik yang tertembak ada dua.

Di lantai 16, ruang kerja Anggota Komisi III DPR RI dari Partai Gerindra, Wenny Warouw. Dan, lantas 13, ruang kerja Anggota Komisi III DPR RI dari Partai Golkar.

Maka, jika ditarik garis dari laras pistol penembak hingga menembus dinding kaca di dua lokasi tersasar tembak itu, pasti lebih jauh dari 389, meter.

Apalagi tembakan mengarah ke atas, melawan grafitasi bumi. Apalagi peluru menembus kaca. Apalagi peluru masih bersarang pada dinding tembok.

Suatu kekuatan tembakan yang luar biasa hebat untuk ukuran pistol. Untuk ukuran peluru 9 milimeter.

Baca Juga:

Pistol Penembak Gedung DPR Jenis Glock, Peluru Kaliber 9

DPRD DKI: Gubernur Sebelumnya Menghilangkan Becak, Anies Malah Mengangkat Lagi

Ini Video Anak Pramuka Teriak “2019GantiPresiden”, Gus Ipul Protes

Wenny Warouw, yang berada di ruang kerjanya ketika peluru nyasar masuk ke sana, menyatakan tidak percaya pistol Glock bisa menembak sejauh itu.

Wenny adalah Purnawirawan Brigjen Polisi. Dia pasti paham tentang pistol.

Dia mengatakan kepada wartawan: “Pistol jarak sekian ratus meter? Pistol apa itu? Mau pakai Glock, mau pakai pistol apa pun itu, terlalu cepat mempersingkat cerita.”

Dia melanjutkan: “Enggak boleh itu. Dia harus membuktikan dulu. Kalau itu pernyataannya, saya protes,” ucap Wenny kepada wartawan.

Dia menyatakan, sudah 34 tahun mengabdi di Polri.

Tapi, ya… bagaimana lagi. Pistol Glock adalah keterangan resmi dari Polri. Dan, berdasarkan penyelidikan polisi, kejadian itu memang peluru nyasar. Tidak ada unsur kesengajaan. (*)

BAGIKAN