Mantan Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan

@Rayapos | Jakarta – Ahmad Heryawan diminta DPP PKS mundur dari pencalegan DPR RI di Pemilu 2019. Ada peluang Aher diusulkan oleh PKS untuk jadi wagub DKI menggantikan Sandiaga Uno.

Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera yang merupakan Ketua Timses Anies-Sandi pada Pilgub DKI Jakarta 2017 jadi salah satu kandidat. Mundurnya Aher dari proses pencalegan DPR RI karena mendapat tugas khusus memicu spekulasi kalau gubernur demisioner Jawa Barat itu akan mengisi posisi tersebut.

“Belum (dengar) dan mungkin saja,” kata Mardani saat dikonfirmasi soal isu Aher disiapkan jadi wagub DKI Jakarta, Minggu (12/8/2018).

Baca juga:

Ahok Malah ingin Jadi Tim Kampanye Jokowi-Ma’ruf Amin, Begini Jelasnya

Jokowi Puasa saat Jalani Pemeriksaan Kesehatan

Sarjana Teknik dan Ekonomi, Ayo Lamar Ke sini…

Mardani menyebut Aher merupakan kader PKS. Kader, kata Mardani, harus mengikuti keputusan partai. Meski demikian, dirinya menegaskan tak tahu pasti isu Aher jadi wagub DKI Jakarta. Dia meminta kepastian itu ditanyakan langsung ke Presiden PKS Sohibul Iman.

“Karena bagaimanapun, eh, apa namanya… kalau itu udah keputusan partai, bisa jadi. Tapi yang lebih tahu Pak Iman ya,” ucap Mardani.

Sekretaris DPW PKS Jabar Abdul Hadi Wijaya mengatakan ada tugas khusus dari DPP PKS untuk Aher. Namun memang belum ada penjelasan soal tugas barunya.

“Akan ada tugas khusus. (Tugasnya) bisa banyak, bisa sebagai timses atau apa saya belum dapat info. Kita tunggu saja tugas khususnya,” kata Abdul kepada wartawan saat dihubungi.

Usai Sandiaga mundur dari posisi wakil gubernur DKI Jakarta, kursi DKI-2 jadi rebutan. M Taufik dari Partai Gerindra jadi salah satu kandidat terkuat pengganti Sandi.

Di sisi lain, PKS yakin mereka mendapat jatah tersebut. Gerindra, lewat Fadli Zon, pernah menyatakan, sepakat kursi wagub DKI yang ditinggal Sandiaga Uno diberikan ke PKS.

“Tentu karena pengusungnya dari Gerindra dan PKS, ya nanti mungkin calon wakil gubernurnya pengganti Pak Sandi itu sesuai kesepakatan dari pengusung itu dari PKS,” kata Waketum Gerindra Fadli Zon di kediaman Prabowo di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, Jumat (10/8/2018) lalu.