PLN Harapkan Peran Masyarakat Atasi Devisit Daya

@Rayapos | Jayapura: Manajamen PLN Wilayah Papua dan Papua Barat mengharapkan peran masyarakat dalam mengatasi devisit daya dalam bentuk aksi pemadaman dua unit lampu setiap terjadi beban puncak pada pukul 18.00 hingga 21.00 WIT agar devisit berkurang.

“Disaat beban puncak, PLN minta pelanggan matikan dua balon lampu, ini sangat membantu PLN dengan 1 MW daya mengurangi devisit,” ujar General Manager PN WP2B Yohanes Sukrislismono, di Jayapura, Jumat.

Ia menjelaskan kini kondisi sistem kelistrikan Jayapura tengah mengalami devisit daya hingga 7,5 MW.

Karena itu selain PLN tengah pengupayakan solusi secara teknis, diharapkan juga ada peran serta dari masyarakat untuk membantu mengatasi masalah tersebut.

“Di sini PLN tidak bisa sendiri, kita harap masyarakat bisa turut serta dengan hanya memadamkan dua lampu saat beban puncak,” kata dia.

Sebelumnya, Yohanes mengungkapkan PLN menempuh solusi singkat untuk mengatasi masalah devisit daya yang sedang terjadi di sistem kelistrikan Jayapura.

“Adapun solusi itu, Kita memperbaiki mesin PLTD lama yang usianya ada yang samapai 25 tahun. Dari mesin-mesin tua tersebut kita dapat tambahan daya hingga 4 MW,” katanya.

Ia pun menyebut solusi ini hanya bisa bertahan selama beberapa bulan karena faktor usia dari mesin pembangkit tersebut.

“Hanya saja solusi ini hanya bisa bertahan selama 7-8 bulan kedepan. Itupun jika mesin-mesin lama tersebut, tidak mengalami gangguan,” kata dia.

Sebagai informasi kini daya mampu dari sistem kelistrikan Jayapura mencapai 67 MW, sementara beban puncak mencapai 75 MW.

Devisit tersebut dikarenakan rusaknya beberapa mesin pembangkit bertenaga disel dan satu unit pembangkit tenaga air yang memiliki kapasitas 10 MW.

 

[Antara]

BAGIKAN

LEAVE A REPLY