Ini Pola Diet yang Baik untuk Usia di Atas 40 Tahun

@Rayapos.com | Jakarta : Saat memasuki usia 40 tahun, berat badan menjadi hal yang dikhawatirkan oleh banyak wanita dan juga beberapa pria. Namun tak juga dapat disangkal bahwa melakukan program diet ketika usia sudah 40 tahun bukanlah hal mudah, terutama jika Anda adalah orang sibuk. Berbeda saat usia masih 20-an, program diet yang perlu dilakukan orang-orang usia 40 tahun tentunya harus lebih bijak dan sesuai.

Diet ketat bukanlah solusi terbaik bila ingin memperoleh atau mencapai berat badan ideal. Tips diet sehat dan seimbang adalah yang seharusnya Anda ikuti, bukan serba instan karena akan jauh lebih berbahaya dampaknya bagi kesehatan.

Kunci diet yang baik adalah energi yang masuk harus seimbang dengan energi yang dikeluarkan tubuh.

  1. Mengonsumsi Ikan

Jenis-jenis penyakit jantung berpotensi lebih besar menyerang orang-orang yang telah memasuki usia 40 tahun, khususnya wanita yang sudah mendekati menopause atau sesudah menopause. Konsumsilah ikan seminggu paling tidak 2 kali demi menjaga berat badan. Kandungan protein dan asam lemak omega-3 di dalamnya adalah yang berfungsi sebagai penurun risiko gangguan jantung serta kardiovaskuler.

2. Menjauhi Stres

Stres mampu memicu gangguan tidur dan bila pola tidur berkualitas tak bisa didapatkan, maka akan sulit dalam mencapai maupun menjaga berat badan ideal nan sehat. Carilah cara mengatasi stres yang paling ampuh menurut Anda, seperti misalnya melakukan meditasi atau yoga.

3. Banyak Minum Air Putih

Seperti pada tips diet pada umumnya, tetap saja orang-orang dengan usia 40 tahun wajib mendapatkan asupan cairan yang cukup. Semakin usia bertambah, justru seharusnya tubuh memperoleh 8 gelas air lebih per harinya. Perbanyaklah minum air putih supaya kulit tetap sehat dan elastis begitu juga kesehatan yang makin meningkat.

4. Menambah Asupan Kalsium

Saat sudah memasuki usia 40 tahun, pria dan wanita wajib menjaga asupan kalsium supaya kesehatan tulang tetap terjaga dengan baik sekaligus mampu mencegah osteoporosis. Produk susu rendah lemak adalah yang lebih disarankan supaya berat badan tak mudah naik.

5. Berolahraga secara Rutin

Tak perlu berlama-lama untuk melakukan olahraga, cukup meluangkan waktu 30 menit setiap harinya olahraga kardio dapat dilakukan. Berjalan kaki, jogging, bersepeda atau melakukan Fitness yang membuat fisik dapat berkeringat dan aktif adalah yang paling baik. Namun, pastikan untuk menghindari bahaya olahraga yang berlebihan dengan intensitas dan frekuensi yang pas.

Mulailah mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat dan seimbang agar berat badan ideal bisa dicapai serta tubuh pun terjauh dari segala risiko penyakit.

Comments

comments