Polda NTB Periksa Pendiri Pendidikan Al Quran

@Rayapos | Mataram: Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat (Polda NTB) melakukan pemeriksaan terhadap SA, seorang wanita yang mendirikan yayasan pendidikan bacaan Al qur’an di sebuah rumah toko (ruko) di Jalan Bung Karno, Kota Mataram.

Direktur Binmas Polda NTB Kombes Pol Benny Basir Warmansyah di Mataram, Selasa mengatakan, pemeriksaan SA yang disebut sesat oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) wilayah NTB langsung ditindaklanjuti oleh penyelidik Ditreskrimum Polda NTB.

“Sesuai dengan arahan pimpinan, penyelidikannya dimulai hari ini,” kata Benny.

Mantan Kabid Propam Polda NTB ini mengatakan, pemeriksaannya berawal dari adanya aduan MUI NTB, usai bertatap muka dengan SA di Mapolda NTB pada Senin (30/1). Pertemuan itu pun dimediasikan oleh Direktur Binmas Polda NTB Kombes Pol Benny Basir Warmansyah.

“Jadi pengaduannya MUI NTB sudah masuk dan sekarang bentuk tindaklanjutnya dengan dilakukan pemeriksaan,” ujarnya.

Pemeriksaannya ini, kata dia, guna mencari alat bukti sah sesuai yang disebutkan dalam Pasal 184 KUHAP, yakni sedikitnya ada dua alat bukti yang menyebutkan bahwa pemahaman tentang ajaran Islam yang disebarkan SA adalah sesat.

Sebelumnya pihak pemerintah menutup dan mencabut seluruh atribut yayasan pendidikan bacaan Al-qur’an milik SA yang beralamat di Jalan Bung Karno, Kota Mataram.

Penutupannya dilakukan guna mengantisipasi isu yang berkembang di tengah masyarakat tentang pemahaman ajaran Islam yang disebarkan SA melalui media sosial.

Tindak lanjut dari penutupan itu pun, MUI NTB meminta pihak kepolisian untuk memproses SA sesuai dengan aturan hukum yang berlaku.
[ant]

Comments

comments

LEAVE A REPLY