Polwan menggiring dua tersangka muncikari dari prostitusi daring artis dan model Endang alias Siska (ES) dan Tantri (TN) (ANTARA/M Risyal Hidayat)

@Rayapos | Surabaya –  Polisi mengungkapkan fakta baru seputar prostitusi artis. Kabid Humas Polda Jawa Timur Kombes Frans Barung Mangera mengatakan kasus prostitusi online juga melibatkan artis usia belia.

“Yang berusia 19 tahun ada,” kata Barung di kantornya, Jalan Ahmad Yani Surabaya, Jumat (11/1/2019).

Artis belia ini, menurut Barung, bukan termasuk lima artis yang dirilis Kapolda Jawa Timur Inspektur Jenderal Luki Hermawan, Kamis kemarin. Saat itu Luki membeberkan bahwa dari 45 artis dan 100 model yang diduga terlibat prostitusi online, lima di antaranya telah terindikasi kuat.

Baca juga:

Mucikari Ungkap Niat Awal Vanessa Angel Jual Diri, Begini Katanya

Dinar Candy Diimingi Rumah dan Mobil oleh Kakek 70 Tahun

Mereka ialah AC, TP, GS, ML dan RF. “Artis muda ini di luar lima nama itu. Mereka ikut terungkap karena konsekuensi dari kegiatan polisi menyelidiki kasus ini,” ujar Barung.

Adapun lima artis tersebut, menurut Barung, akan mulai dipanggil pekan depan untuk diperiksa sebagai saksi tersangka muncikari Endang alias Siska dan Tentri. Kelimanya bakal diambil keterangannya untuk menguatkan peran Endang dan Tentri.

Namun menurut Barung, tak semuanya artis yang terlibat sudah mapan di dunia hiburan Indonesia. Ada pula yang baru meniti karir.

“Masih ada nama-nama mereka yang beranjak menjadi calon artis dan model diduga juga ikut terlibat prostitusi online,” paparnya.

Barung juga mengatakan bahwa tidak semuanya melakukan transaksi berulang kali, bahkan ada yang baru satu kali terlibat.

“Iya, meski mereka melakukan (prostitusi) satu kali ya tetap terlibat prostitusi online,” pungkasnya.

Barung memastikan daftar 45 artis dan 100 model yang terlibat prostitusi itu didukung dengan data otentik rekam jejak digital online, mulai dari tempat atau lokasi di hotel, rekaman percakapan chatting hingga terjadinya transaksi pembayaran terkait prostitusi tersebut.