Pelaku penembakan Herdi Sibolga (FOTO: RAYAPOS/ANDREW TITO)

@Rayapos | Jakarta – Motif pembunuhan terhadap pengusaha minyak solar kapal Herdi Sibolga (45) diduga karena persaingan bisnis. Otak pelaku dengan inisial AX yang juga seorang pengusaha solar, menyuruh empat orang untuk menghabis nyawa Herdi.

Kasubdit Jatanras Direskrimum Polda Metro Jaya, AKBP Jerry Siagian mengatakan, AX menjanjikan upah Rp.400 juta kepada kelompok eksekutor namun baru di bayarkan Rp.50 juta.

“Empat orang eksekutor di janjikan Rp.400 juta, pengakuan para pelaku saat berhasil ditangkap, baru di bayarkan Rp.50 juta.” ujar Jerry di Polda Metro Jaya, Sabtu (28/7/2018).

Jerry mengatakan berdasarkan pemeriksaan para pelaku pula, koban Herdi Sibolga, seorang oengusaha sukses di bidang minyak solar perkapalan selama satu tahun terakhir.

Sementara AX yang juga  pengusaha dengan bidang sama, lalah saing bisnis, di ketahui AX sudah menjalankan usahanya selama tiga tahun terakhir, namum kalah sukses dengan korban.

“Kalah saing bisnis, kemudian otak pelaku menyuruh orang orangnya untuk menghabisi nyawa pesaingnya” ujar Jerry.

Di ketahui Polda Metro Jaya telah meringkus empat orang pelaku kelompok eksekutor dengan masing masing inisial AS (41), JS (36) PWT (32), dan SM (41), ke empatnya berhasil ditangkap di empat lokasi berbeda.

Hingga kini para empat pelaku eksekutor masih di lakukan pemeriksaan mendalam di Polda Metro Jaya guna menangkap pelaku utama, para pelaku yang tertangkap di kenakan pasal 340 KUHP tentang pembunuhan berencana dengan ancaman hukuman kurungan penjara 20 tahun hingga seumur hidup.

Di ketahui sebelumnya, Herdi Sibolga (45) ditemukan tewas bersimbah darah di Jalan Fajar Jelambar, Penjaringan Jakarta Utara, Jumat (20/7/2018).

Berdasarkan saksi mata warga sekitar, Herdi di temukan tewas usai terdengar dua letusan yang di duga berasal dari senjata api.

BAGIKAN