Pramono Anung - Sekretaris Kabinet Kerja (FOTO: Istimewa)

@Rayapos | Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) masih belum mengumumkan nama cawapresnya di Pilpres 2019. Namun, menurut Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Jokowi akan mengumumkannya di hari akhir pendaftaran capres.

Untuk diketahui, masa pendaftaran akan dimulai dari 4 hingga 10 Agustus 2018.

“Nah, karena jadwal pendaftaran tanggal 4-10 Agustus, saya meyakini nama itu akan muncul di hari akhir. Karena itu sudah jadi fatsun politik. Walaupun sebenarnya teman-teman sudah bisa meraba,” kata Pramono Anung di Gedung Sekretariat Negara, Jl Veteran, Jakarta Pusat, Selasa (17/7/2018).

Sayangnya Pramono tak mau menyebut nama cawapres yang akan mendampingi Jokowi. Namun dia mengatakan, ada beberapa tahapan yang harus dilalui Jokowi sebelum pengumuman tersebut.

“Saya tentu tidak kompeten menyebut nama, walaupun beberapa nama didiskusikan internal. Tapi ada tahapan yang harus dilalui,” kata Pramono.

Baca juga:

Berharta RP 2.100 Triliun, Jeff Bezos Jadi Orang Terkaya Sepanjang Sejarah

Teddy Gusnaidi: SBY dan Amien Ingin Anak-anaknya Jadi Pejabat

Salah satu tahapannya yaitu, Jokowi akan berkomunikasi dengan seluruh ketua umum partai politik pendukung. Lalu nama yang disimpan Jokowi itu, akan digodok bersama.

“Presiden akan komunikasi dengan seluruh ketum partai pendukung setelah itu nama-nama yang digodok, di saku presiden, apakah itu saku depan atau belakang, akan dikonsultasikan,” katanya.

Pramono menambahkan, sosok cawapres itu juga harus bisa mendongkrak elektabilitas Jokowi nantinya. “Jangan sampai mengurangi elektabilitas ataupun popularitas Jokowi. Sekarang ini relatif popularitas Jokowi sangat tinggi. Dengan demikian nama itu menjadi komplementer,’ katanya.

BAGIKAN