Presiden buka CEO Forum (Foto: Rayapos.com/IRMAN)

@Rayapos.com | Jakarta : Presiden Joko Widodo mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk memakmurkan dan mensejahterakan negeri ini bersama-sama. Hal itu dikatakan Presiden saat membuka acara Kompas 100 CEO Forum di Hotel Raffles, Jakarta, Rabu (29/11/2017).

“Mari kita memakmurkan dan mensejahterakan negeri ini bersama-sama,” ujar Presiden Jokowi di acara tersebut.

Baca juga :Presiden Buka CEO Forum 2017

Acara yang bekerja sama dengan PT PLN (Persero) ini diselenggarakan terkait pemahaman dan latar belakang penyediaan energi sebagai penopang pertumbuhan ekonomi Indonesia saat ini dan tahun selanjutnya.

Pertumbuhan ekonomi Indonesia ditargetkan mencapai 5,4% pada 2018, setelah tahun lalu berhasil direalisasikan mengalami peningkatan sebesar 5,02%, sedangkan target tahun ini adalah 5,2%. Untuk dapat memenuhi target tersebut, pemerintah terus berupaya memacu investasi dan infrastruktur untuk pertumbuhan dan pemerataan di berbagai wilayah di Indonesia, diantaranya Maluku, Papua, Kalimantan, Sulawesi, Bali, dan Nusa Tenggara.

Selain itu, pengembangan daerah-daerah perbatasan Indonesia juga menjadi salah satu prioritas pemerintah untuk lebih ditingkatkan pembangunan infrastrukturnya, baik konektivitas maupun ketersediaan energi yang menjadi kunci dari pemerataan ekonomi tersebut. Dalam hal ini, pemerintah tengah berupaya merealisasikan program pembangunan pembangkit listrik dengan target 35.000 megawatt pada 2019.

“Fokus PLN dalam pemerataan listrik di Indonesia adalah pada daerah-daerah terpencil dan perbatasan. Dengan pemerataan ini diharapkan ekonomi Indonesia dapat meningkat,” jelas Direktur Utama PT PLN dalam acara tersebut.

Upaya lain yang dilakukan pemerintah untuk memantapkan angka pertumbuhan ekonomi pada 2018 mendatang adalah dengan mendorong BUMN untuk lebih aktif mendukung ekosistem usaha mikro, kecil, dan menengah agar berdaya saing tinggi. Hal ini dipercaya dapat turut berkontribusi positif bagi laju pertumbuhan ekonomi nasional.

“Kompas 100 CEO Forum ini adalah wadah untuk bertemu dan bertukar pikiran mengenai perekonomian masa depan,” ujar CEO Kompas Gramedia Lilik Oetama.

Lebih lanjut Lilik menjelaskan, acara ini digelar dalam rangka program Kebijakan Ekonomi Makro 2018 untuk Menjaga Pertumbuhan Berkualitas kali ini adalah sehubungan pada tahun 2018 Indonesia menghadapi pemilihan ketua daerah serentak tiap kabupaten dan kota. Sehingga diharapkan pesta demokrasi ini nantinya bisa membawa Indonesia ke arah yang lebih baik.

Presiden buka CEO Forum (Foto: Rayapos.com/IRMAN)
Presiden buka CEO Forum (Foto: Rayapos.com/IRMAN)

Pada sesi konferensi, Direktur Utama PLN Sofyan Basir, Ketua Umum KADIN Indonesia Rosan Perkasa Roeslani, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, dan Gubernur Nusa Tenggara Barat TGH. M. Zainul Majdi membawakan materi terkait kolaborasi BUMN, sektor swasta, dan  pemerintah daerah untuk membangun sektor energi di Indonesia. Hadir pula, Menteri Keuangan, Sri Mulyani, yang mempertajam pembahasan mengenai kebijakan ekonomi makro 2018.

Comments

comments