Presiden Jokowi: Utamakan kesehatan

@Rayapos.com | Jakarta: Kesehatan masyarakat menjadi salah satu prioritas bagi pemerintahan Presiden Joko Widodo. Salah satu hal yang dia sampaikan bahwa kesehatan merupakan hal yang sangat mendasar sehingga penting dijaga.

Ada 10 pesan kesehatan bagi masyarakat, termasuk aparat pemerintahan dan petugas kesehatan, disampaikan Jokowi dalam Rapat Kerja Kesehatan Nasional pada 28 Februari 2017 lalu di Jakarta yakni:

  1. Kesehatan sangat fundamental

“Dan juga di bidang kesehatan. Ini sangat basik sekali, sangat fundamental sekali untuk kita selesaikan.”

  1. Gizi, investasi bangsa

“Jangan sampai ada lagi yang namanya gizi buruk. Memalukan kalau masih ada. Entah satu anak, dua anak, tiga anak harus secepatnya diselesaikan. Saya hanya ingin memberikan pesan bahwa yang namanya gizi itu diperlukan sejak dalam kandungan. Saya selalu sampaikan, ini investasi jangka panjang.”

  1. Selesaikan problem AKI dan penyakit menular

“Problem-problem kita, angka kematian ibu, angka kurang gizi, penyakit yang masih kita lihat belakangan ini, demam berdarah, TBC harus diselesaikan.”

  1. Utamakan pencegahan

“Terutama Puskesmas, ini perlu saya ingatkan pada semua kepala dinas, arahkan mereka kepada gerakan pencegahan terhadap munculnya penyakit-penyakit. Artinya apa? Mengajak masyarakat hidup sehat.”

  1. Gerakan hidup sehat

“Kita kembalikan lagi kepada pola hidup sehat masyarakat kita. Entah pola makan, entah pola olahraga, itu yang digerakkan kesana. Entah lingkungannya, sanitasi, air bersih.”

  1. Hentikan Merokok

“Saya sampaikan biar mereka mengerti, jangan sampai ada uang untuk beli rokok dan tidak dipakai untuk menambha gizi anaknya”.

Dan beberapa pesan lain yang harus dikembangkan oleh lembaga terkait.

 

Comments

comments

LEAVE A REPLY