Presiden Olympic Council of Asia (OCA) Sheikh Ahmad Al-Fahad saat konpres mengakui kehebatan Indonesia selenggarakan Asian Games 2018 (ist)

@Rayapos | Jakarta – Presiden Olympic Council of Asia (OCA) Sheikh Ahmad Al-Fahad mengaku terpukau dengan kinerja yang dilakukan Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games 2018.

Bahkan, dalam jangka waktu persiapan yang terbilang singkat, Indonesia mampu menyajikan pesta olahraga terbesar bangsa Asia tersebut dengan sangat sukses. Salah satunya dengan opening ceremony Asian Games 2018.

Untuk diketahui, Vietnam terlebih dahulu terpilih sebagai penyelenggara Asian Games ke-18. Namun pemerintah Vietnam melakukan pengunduran diri dengan alasan keuangan.

Mendengar kabar Vietnam tidak mampu menyelenggarakan Asian Games, Indonesia dengan cepat merespon hal tersebut dengan mengajukan diri sebagai negara pengganti tuan rumah penyelenggara pada September 2014.

Pengajuan diri tersebut sesungguhnya menimbulkan banyak sekali resiko untuk Indonesia, karena hanya memiliki waktu persiapan yang terbilang singkat. Tak ingin dianggap sebagai negara tak profesional, pemerintah Indonesia langsung bergerak cepat membentuk Panitia Pelaksana Asian Games 2018 (INASGOC).

Tak hanya segera membentuk INASGOC, pemerintah juga langsung tancap gas dalam pembangunan fasilitas dan infrastruktur. Khususnya yang berada di Jakarta dan Palembang selaku kota penyelenggara.

“Ketika teman-teman dari Vietnam menarik diri sebagai tuan rumah Asian Games ke-18, saya langsung mendapat kabar dari Presiden Joko Widodo yang bersedia mengajukan diri menggantikan Vietnam,” ujar Sheikh Ahmad di Media Press Center JCC, Jakarta, Kamis (23/8/2018).

“Biasanya sebuah negara membutuhkan waktu enam tahun untuk mempersiapkan Asian Games. Ini yang pertama di Asia, negara bisa menyelenggarakan Asian Games dengan waktu yang sesingkat ini. Rekor baru sudah dipecahkan Indonesia,” tambah Sheikh Ahmad.