Presiden Xi Pimpin Resepsi Tahun Baru Imlek

@Rayapos | Beijing: Presiden China memimpin malam resepsi Tahun Baru Imlek 2017 atau 2568 Imlek dan mengajak seluruh masyarakat Tiongkok untuk semakin bersatu mewujudkan mimpi besar Tiongkok, di Beijing, Kamis.

“Tiongkok telah melaksanakan awal Repelita ke-13 (2016-2020), dengan sangat baik, selama 2016,” ujar Xi, yang juga Sekjen Komite Pusat Partai Komunis Tiongkok (PKT).

Ia menambahkan, beberapa capaian telah ditorehkan Tiongkok sepanjang 2016, antara lain pertumbuhan ekonomi yang relatif stabil, dan tetap menjadi tertinggi di dunia.

Tiongkok juga berhasil untuk semakin meningkatkan kesejahteraan rakyatnya, melalui misi melawan kemiskinan, dan capaian lainnya dalam kerangka reformasi dan keterbukaan.

Presiden Xi yang juga Ketua Komisi Pusat Militer Tiongkok menambahkan, Tiongkok juga berhasil melakukan reformasi militer dan pertahanannya, memperkuat penegakkan hukum dan disiplin partai.

“Tiongkok juga terus berkontribusi menciptakan kemakmuran dan perdamaian dunia, sejalan dengan pembangunan kedalam yang dilakukan,” kata Presiden Xi.

Berdasar capaian tersebut, ia melanjutkan,”saya mengajak seluruh masyarakat Tiongkok untuk semakin bersatu, dimana pun berada, baik Hong Kong, Makau maupun Taiwan serta di belahan dunia lainnya untuk mewujudkan mimpi Tiongkok yang lebih mensejahterakan rakyatnya dengan terus memperbaharui nasionalisme,”.

Apalagi, tambah Presiden Xi, pada 2017 Tiongkok akan menyelenggarakan Kongres ke-19 Rakyat Nasional untuk merumuskan cetak biru sosialisme dengan karakteristik Tiongkok.

“Saya meminta semua komponen, seluruh anggota partai, militer, dan kelompok-kelompok etnis, bersatu, merumuskan beragam kemajuan dalam kongres mendatang,” kata Xi.

Acara malam resepsi Tahun Baru Imlek yang diselenggarakan di Balai Agung Rakyat, dihadiri seluruh pejabat partai. Perayaan Tahun Baru Imlek ditandai dengan libur nasional selama satu pekan mulai Sabtu (28/1).

Dalam kalender bukan Tiongkok, tahun 2017 merupakan Tahun Ayam Api.

Comments

comments

LEAVE A REPLY