Foto : Trialgame

@Rayapos | Jakarta – Dalam mengendarai sepeda motor, helm merupakan komponen terpenting untuk menjaga keselamatan pengendaranya. Seiring berjalannya waktu makin banyak teknologi yang diterapkan di helm untuk meningkatkan kenyamanan serta keselamatan, sebagai contoh teknologi pinlock dan visor penghalang cahaya matahari.

Saat ini, banyak produsen helm berlomba-lomba untuk menghasilkan helm dengan teknologi paling mutakhir, bahkan saat ini sudah disematkan teknologi “pintar” untuk membantu dalam berkendara.

Baca juga: Begini Gaya Herjunot Ali-Tatjana Saphira Pamer Kemesraan di Medsos

Salah satu produsen helm ternama, Skully Technologies mengeluarkan inovasi baru berupa kemampuan untuk melihat kesegala arah. Terobosan ini sempat dipamerkan pada ajang Consumer Electronic Show (CES) di Las Vegas tanggal 9 Januari lalu.

Inovasi tersebut ditanamkan pada helm pintar yang diberi nama Fenix. Helm ini dibekali kamera dibagian belakangnya dimana tampilannya dapat dilihat pada kaca helm.

Selain itu, untuk memperjelas pandangan, helm ini juga dilengkapi dengan Augmented Reality (AR) yang menampilkan permukaan jalan yang dilewati.

Tidak hanya itu saja, helm ini dapat diintegrasikan dengan handphone sehingga tampilan yang ada di handphone tersebut dapat dilihat melalui kaca helm. Bahkan untuk mempermudah perjalanan helm ini juga bisa dihubungkan dengan GPS sebagai peta navigasi.

Baca juga: Gelar Operasi Rutin, Polresta Manado Sita Puluhan Kendaraan

Seolah tidak mau kalah, produsen helm lainnya, Borderless menciptakan helm pintar yang diberi nama CrossHelmet. Helm ini dilengkapi fitur untuk dapat mengatur suara disekitar pengendara.

Dengan teknologi ini maka pengendara dapat bebas memilih suara mana yang akan dihilangkan atau bahkan bisa juga dimatikan semua untuk menciptakan keheningan.

CrossHelmet juga dilengkapi dengan bluetooth, GPS, dan juga Head Up Display (HUD) Bifocal yang mempunyai fungsi sama seperti spion tengah mobil. Bahkan HUD juga dapat menampilkan informasi berguna seperti cuaca, navigasi dan juga pesan telepon.

BAGIKAN