Deklarasi Jokowi-Ma'ruf Amin di Menteng, Jakarta Pusat (FOTO: RAYAPOS/KEMAL MAULANA)

@Rayapos | Jakarta – PSI dan Perindo tak masuk partai pendukung Joko Widodo-Ma’ruf Amin. Kedua partai baru itu dicoret KPU karena belum mengikuti pemilu sebelumnya. Otomatis pendukung Jokowi-Ma’ruf Amin tersisa 7 partai.

“Mencoret 2 parpol sebagai parpol pengusung yang belum mengikuti peserta Pemilu 2014, yaitu PSI dan Perindo,” ucap petugas penerimaan pendaftaran Karotekmas KPU Nur Syarifah di kantor KPU, Jakarta Pusat, Jumat (10/8/2018).

Nur menyatakan berkas pendaftaran Jokowi-Ma’ruf lengkap. Keduanya diminta bersiap mengecek kesehatan di RSPAD pada 12 Agustus 2018.

Baca juga:

Cawapres Prabowo Masuk Daftar Orang Terkaya di Indonesia, Ini Total Hartanya

Miris, Bayi Cantik Ini Ditinggalkan di Dapur Seorang Warga

Prabowo: Kami ingin Berkuasa Atas Izin Rakyat!

Secara terpisah, Komisioner KPU Hasyim Asy’ari juga mengatakan hal yang sama.

“Secara formil, yang mendaftarkan atau yang mengusulkan adalah partai politik peserta pemilu 2014. Gabungan parpol yang memenuhi threshold,” ujar Hasyim di gedung KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (10/8/2018).

Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, pasangan calon presiden dan wakil presiden diusulkan oleh partai politik atau gabungan partai politik yang memenuhi threshold pemilu sebelumnya atau pemilu 2014.

Dalam Pasal 222 UU Pemilu disebutkan, pasangan calon diusulkan oleh partai politik atau partai gabungan peserta pemilu yang memenuhi persyaratan perolehan kursi paling sedikit 20 persen dari jumlah kursi DPR atau memperoleh 25 persen dari suara sah secara nasional pada pemilu anggota DPR sebelumnya.

BAGIKAN