Foto: Dok Rayapos

@Rayapos | Jakarta – Tim Nasional Indonesia menuai hasil buruk di perhelatan Piala AFF 2018. PSSI pun akan mengevaluasi segala aspek untuk memperbaiki kinerja pasukan Garuda. Otoritas sepakbola tanah air diindikasikan bakal mencari pelatih baru.

Sejumlah kandidat pun dibidik PSSI, salah satunya Stefano Cugurra (Teco). Pelatih Persija Jakarta ini masuk dalam radar calon pelatih Timnas Indonesia karena sukses membawa Macan Kemayoran ke papan atas Liga 1. Teco dinilai cocok menggantikan Bima Sakti.

Selain Teco, ada juga nama Simon McMenemy. Ia berhasil membawa Bhayangkara FC menjadi juara pada musim lalu dan memiliki pengalaman melatih Timnas Filipina pada gelaran AFF beberapa edisi lalu.

Disinggung mengenai peluang dirinya menangani Timnas Indonesia, Teco pun tak menutup kemungkinan menerima tawaran itu. Menurut dia, jika kesempatan datang di saat yang tepat tak ada alasan untuk menolaknya.

“Sebagai seorang pelatih, ya keinginannya menangani timnas. Yang pasti, semua pelatih memiliki target masing-masing, entah jadi pelatih terbaik di timnas atau di liga,” ungkap Teco.

Baca Juga:

Liga Europa: Chelsea Bungkam PAOK Thessaloniki 4-0

Tak Betah di Madrid, Juventus dan ManCity Siap Tampung Isco

Korea Masters 2018: Dua Ganda Campuran Indonesia Lolos ke Perempat Final

“Saya punya pengalaman menangani Brasil U-20 dan Thailand U-16. Jadi, saya merasa punya CV yang bagus untuk melatih timnas (Indonesia).”

Teco juga menyatakan kesiapannya untuk menangani pasukan Garuda. Akan tetapi saat ini dirinya hanya ingin fokus menyelesaikan kontraknya di Persija Jakarta. Ia ingin mengakhiri karirnya di tim Ibukota ini dengan mempersembahkan gelar juara.

“Jika memang ada kesempatan, ya kenapa tidak diambil? Namun, yang pasti saya harus menyelesaikan dulu tugas saya. Kontrak saya di Persija selesai akhir tahun ini, jadi saya harus fokus untuk menyelesaikannya dengan sangat baik,” lanjut pelatih asal Brasil itu.

Jika Persija berhasil menjadi juara Liga 1 2018, Teco memiliki modal meyakinkan untuk menangani Timnas Indonesia, khususnya tim muda yang akan berkompetisi di Piala AFF U-22 2019 pada Februari dan Kualifikasi Piala AFC U-23 2020 pada Maret 2019.