Puan Maharani Kunjungi Desa di Papua, Tempat Dimana Bung Karno Menemukan “Burung Garuda”

@Rayapos | Kaimana: Puan Maharani, putri Proklamator Bung Karo yang kini menjabat sebagai Menteri Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), mengunjungi wilayah Papua, tepatnya di Desa Lobo, Kaimana.

Menurut catatan sejarah, di desa itulah konon Bung Karno menemukan “Burung Garuda” –dalam bahasa lokal disebut Iyambo-, yang hingga kini menjadi lambang negara Republik Indonesia.

Dalam kunjungan tersebut, Puan menggelar dialog dengan sejumlah warga dan juga murid-murid Sekolah Dasar Yayasan Pendidikan Kristen Lobo. Di sekolah itu, Puan berjanji akan menyumbang satu pasang sepatu bagi setiap murid yang keseluruhannya berjumlah 232 siswa.

“Saya sangat senang bisa sampai di sini. Di sinilah Bung Karno menemukan burung garuda, yang kemudian menjadi lambang negara kita,” ujar Puan.

Di Kaimana, Puan juga akan menghadiri Perayaan Hari Kebangkitan Nasional ke 108, serta mengikuti acara puncak Ekspedisi NKRI yang akan digelar hari ini Jumat (20/5).

”Karena, dulu Bung Karno datang ke sini setelah dari Digul. Sekarang, cucunya yang datang ke sini lagi. Tun amori (selamat datang),” kata Lambert, tokoh masyarakat adat setempat saat menyambut Puan.

Sementara itu Puan sendiri merasa senang dapat mengunjuni tempat yang bersejarah, yang dahulu disinggahi Bung Karno. Puan juga mendengarkan cerita tentang burung garuda (iyambo) versi masyarakat Lobo, yang disampaikan oleh Benny Wariensai sebagai salah satu tetua adat setempat.

Dalam kunjungan ke Lobo, Puan didampingi oleh Gubernur Papua Barat, Abraham Oktvianus Ataruri, Wakil Gubernur Papua Barat, Irene Manibui, Kapolda Papua Paulus Waterpouw, Kapolda Papua Barat, Royke Lumoa, Bupati Kaimana, dan Matius Mairuma.

BAGIKAN

LEAVE A REPLY