RA Kartini, kiblat masa depan perempuan Indonesia

@Rayapos.com | Jakarta: Setiap tanggal 21 April, Indonesia  bangga memperingati  momen perjuangan  perempuan bernama Raden Ajeng Kartini.

Raden Ajeng Kartini  yang lahir di Jepara, Jawa Tengah, 21 April 1879 adalah seorang tokoh perempuan Jawa dan  menyandang gelar Pahlawan Nasional Indonesia karena jasa-jasanya menjadi  pelopor kebangkitan perempuan keturunan asli Indonesia.

Pandangan dan buah pikiran serta gagasannya  tentang  kondisi sosial saat itu, terutama tentang kondisi perempuan,  banyak dituangkan dalam  bentuk tulisan, surat dan buku “Habis Gelap Terbitlah Terang”  yang sangat terkenal  dan menginspirasi banyak perempuan Indonesia bahkan dunia internasional.

Dan jangan lupa, berkat  kegigihannya  yang  sangat kuat untuk memajukan kaum perempuan Indonesia, Kartini  berhasil mendirikan sekolah untuk perempuan yang kemudian diberi nama “Sekolah Kartini” yang  kemudian terus berkembang hingga di sejumlah kota di Pulau Jawa.

Meski  Raden Ajeng Kartini telah wafat  113 tahun lalu, (RA Kartini wafat di Rembang, Jawa Tengah , 17 September 1905 dalam usia 25 tahun), namun  jasa dan perjuangannya  telah menginspirasi  bangsa Indonesia  utamanya  perempuan Indonesia untuk  terus maju, melangkah dan ikut  beremansipasi membangun bangsa dan negara Indonesia,  seiring sejalan dan sejajar dengan  kaum pria tanpa sekat.

Peringatan Hari Kartini pada tahun 1953 (FOTO: Wikipedia)
Peringatan Hari Kartini pada tahun 1953 (FOTO: Wikipedia)

Hari ini, 113 tahun kemudian sepeninggal  RA Kartini, telah banyak lahir “Kartini-Kartini” masa kini yang  berjuang melalui profesi dan prestasinya masing-masing  demi  tercapainya kesejahteraan dan kemakmuran bangsa, tegaknya peradaban, serta  keutuhan Negara Kesatuan RI.

Ucapan selamat Hari Kartini pun membanjir di langit Indonesia untuk semua perempuan, termasuk Presiden Joko Widodo.

Melalui akun twitter pribadinya @jokowi,  Presiden  mengajak agar para perempuan terus maju untuk kemajuan Indonesia di Hari Kartini.

“Selamat Hari Kartini. Majulah kaum perempuan Indonesia untuk kemajuan Indonesia -Jkw,” tulisnya.

Presiden Jokowi ucapkan selamat Hari Kartini via twitter (FOTO: screenshoot @jokowi)
Presiden Jokowi ucapkan selamat Hari Kartini via twitter (FOTO: screenshoot @jokowi)

Selamat Hari Kartini, Habis Gelap Terbitlah Terang!

Comments

comments