gempa-bumi-Rayapos - magnitudo
Gempa bumi. (Foto: rayapos.com)

@Rayapos | Mataram – Gempa susulan terjadi di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Rabu (1/8/2018) pagi. Kekuatan gempa lebih rendah dibandingkan sebelumnya yang mencapai 6,4 skala richter.

Disampaikan Kepala Stasiun Geofisika Mataram, Rabu (1/8/2018), gempa kembali terjadi pada pagi ini sekira pukul 04.36 WITA. Skalanya kekuatan gempa kali ini separuh gempa pada Minggu (29/7/2018).

“Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki kekuatan magnitudo 3,1. Episenter. Pusat gempa terletak pada koordinat 8,84 LS dan 116,31 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 16 km Tenggara Lombok Tengah, pada kedalaman 11 km,” tutur Agus.

Dengan memperhatikan data tersebut, lanjut Agus, gempa yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Naik Flores (Flores Back Arc Thrust).

Baca Juga:

Asik Nyabu, Janda Muda Diamankan Polisi

Oesman Sapta Disomasi Karena Sebut Mahkamah Konstitusi Goblok

“Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan gempa ini, dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan naik (thrust fault),” jelasnya.

Agus menyebutkan, guncangan gempa bumi ini dilaporkan telah dirasakan di daerah Bayan dan Belating pada skala intensitas I SIG-BMKG (II MMI). Ia menambahkan, hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut.

Agus menyatakan bahwa gempa tersebut tidak berpotensi tsunami. Dia mengimbau agar masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu tidak benar.

BAGIKAN