Iqbaal Ramadhan (Foto : Rayapos.com/GALUH)

@Rayapos | Jakarta – Mantan personil boyband cilik Indonesia Cowboy Junior yang kemudian berganti nama menjadi CJR, Iqbaal Ramadhan boleh dibilang sukses menjaga prestasi akademiknya walaupun ia juga menekuni dunia keartisan. Itu terbukti, ia dipercaya memikul tugas sebagai Brand ambassador platform belajar online Ruangguru.

Bagi iqbaal, menjaga prestasi akademik itu tidak mudah, karena selain bisa membagi waktu dengan tepat, ia juga harus bisa menjaga kepercayaan.

“Saya ikuti kata ayah saya, harus bisa membagi pikiran,” kata Iqbaal sang duta Ruangguru, di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (4/1/2018).

Baca juga : Iqbaal Ramadhan Terpilih Menjadi Brand Ambassador Ruangguru

Iqbaal menyadari ia tidak punya waktu untuk belajar ketika ia berada di luar sekolah, menjadi aktor dan musisi. Untuk itu, ia selalu berusaha agar semua pertanyaan yang terlintas saat belajar bisa terjawab selama berada di dalam kelas.

“Jangan sampai ada pertanyaan begitu keluar kelas. Harus sampai mengerti betul, nggak usah malu bertanya kalau nggak mengerti,” kata pemeran tokoh utama film Dilan itu.

“Tuntaskan pelajarannya di kelas. Tanya terus, gali terus,” tambahnya.

Iqbaal kemudian membagi kiatnya agar tetap bisa berprestasi di bidang akademik sekaligus melakoni perannya sebagai aktor dan musisi.

Baca juga : Triawan Munaf Perjuangkan Jaminan Hari Tua untuk Pekerja Seni

“Jangan belajar malam, saya selalu belajar sebelum atau setelah salat subuh. Riset juga bilang itu lebih bagus dari pada belajar malem, terus tidur, bangun siang. Lebih bagus bangun, terus shalat, baru belajar jauh lebih efektif,” ungkap Iqbaal.

Selain itu, Iqbaal menyarankan agar kenali juga metode penyerapan yang paling baik bagi dirinya sendiri. Iqbaal menyebut bahwa dirinya lebih cepat memahami lewat visual.

“Kalau saya tipe belajarnya itu visual. Jadi saya melihat, mau lihat guru, lihat handphone, selagi itu ada gambarnya, bergerak, saya pasti bisa masuk (paham). Kan ada auditori, visual, kinetik. Nah kalau saya visual. Kalau ngedenger doang, justru saya kurang bisa,” tutup Iqbaal Ramadhan.

Comments

comments