Duta Besar Indonesia untuk Jerman, Arif Havas Oegroseno

@Rayapos | Berlin – Museum of Contemporary Art Berlin memamerkan ratusan lukisan , foto dan benda seni karya maestro Indonesia seperti Raden Saleh dan Anak Agung Gede Soberat, Rabu (25/7/2018).

Duta Besar Indonesia untuk Jerman, Arif Havas Oegroseno yang hadir pada pameran yang bertajuk “Hello World” ini mengatakan, keberadaan karya seni ini merupakan bukti hubungan Indonesia dan Jerman telah berlangsung lama.

“Lukisan dan karya seni Indonesia di Museum ini adalah bukti hubungan sosial budaya antara Indonesia dan Jerman yang telah terjalin sejak abad silam, bahkan jauh sebelum Indonesia merdeka,” ungkap Duta Besar Oegroseno.

“People to people contact Indonesia-Jerman, yang merupakan salah satu motor diplomasi antar kedua negara telah berlangsung lama,” imbuhnya

Dengan terjalinnya hubungan yang erat ini, kata Dubes Oegroseno, Indonesia harus bisa memanfaatkan setiap peluang untuk menjaga dan bahkan meningkatkan kerja sama

“Ini menjadi peluang sekaligus tantangan bagi kita untuk tetap bisa memelihara dan meningkatkan kerja sama seni dan budaya dalam konteks modern seperti saat ini,” tuturnya.

Raden Saleh yang pernah tinggal di Dresden, Jerman, pertengahan abad ke-19 adalah tokoh perintis lukisan Indonesia yang karyanya banyak dikoleksi di Jerman. Beberapa lukisannya yang turut dipamerkan diantaranya “Arab Horsemen Attack by a Lion”.

Baca Juga:

Gerhana Bulan Terlama Abad Ini, Berikut Jadwalnya…

Khloe Kardashian Pamerkan Model Rambut Baru

Tidak hanya memamerkan karya maestro Indonesia, lukisan karya Walter Spies, seorang seniman Dresden yang pernah tinggal di Bali tahun 1927-1942 juga turut dipamerkan.

Salah satunya lukisan Spies yang banyak dipengaruhi oleh kelompok seniman Bali Pitamaha yang bisa dilihat pada karya-karyanya yang dipamerkan seperti “Sunlight in the Jungle” dan “Deer Hunt”.

Selain itu, lukisan karya Anak Agung Gede Soberat, “Fisherman” dan “Deerhunt” yang dikoleksi orang Jerman juga menambah deretan lukisan Indonesia yang dipajang pada pameran itu.