@Rayapos | Jakarta – Ahok tokoh yang unik. Umumnya tokoh, setelah dipenjara, habislah kharismanya. Tapi Ahok (Basuki Tjahaja Purnama) tetap banyak penggemarnya. Mereka bertanya-tanya, apakah Ahok akan berpolitik lagi?

Paling tidak, kapan Ahok bebas? Apa yang akan dia lakukan setelah bebas? Bekerja apa? Apakah dia akan pulang ke rumahnya di Perumahan Pantai Mutiara, Pluit, Jakarta Utara?

Ini video bukti kecintaan warga pada Ahok:

Soal Ahok bebas, sudah ditegaskan Dirjen PAS Sri Puguh Budi Utami, yang mengatakan, Ahok akan mendapatkan pembebasan bersyarat pada Agustus 2018. “Bisa pembebasan bersyarat Agustus,” katanya beberapa waktu lalu.

Tapi, itu kalau Ahok mau. Nah, uniknya Ahok tidak mau. Dia tidak akan mengambil kesempatan bebas bersyarat, yang secara hukum sah dia dapatkan.

Adinda Ahok, Fifi Lety Indra SH mengatakan kakaknya tidak mengambil pembebasan bersyarat. Ahok menunggu bebas murni. Berarti butuh waktu lagi.

Fifi menulis di Instagramnya: “Hari ini ramai WA (WhatsApp) dan telepon semua tanya hal yang sama, apa betul sebenarnya Pak Ahok bisa bebas bersyarat bulan Agustus? Jawabnya iya benar, tetapi beliau putuskan untuk tidak ambil. Biar tunggu sampai bebas murni saja.”

Fifi mengatakan, memang belum ada hitung-hitungan pasti mengenai kapan tepatnya Ahok bisa mendapatkan pembebasan bersyarat. Tapi pada Agustus 2018.

Kalkulasinya demikian: Ahok divonis hakim pada 9 Mei 2017 dengan hukuman 2 tahun penjara. Kasusnya penodaan agama, Surah Al-Maidah 51 yang dia sebut ketika kunjungannya ke Pulau Seribu.

Setahun kemudian, Ahok mengajukan peninjauan kembali (PK). Namun PK Ahok ditolak pada 26 Maret 2018. Tiga hakim, yakni hakim Artidjo Alkostar, Salman Lurhan, dan Margiatmo, menolak PK itu. Jadi, hukuman tetap 2 tahun.

Baca Juga:

100 Prajurit Paskhas TNI AU Berangkat ke Lombok

Cawapres Prabowo Berinisial “A”, Begini Kata Demokrat

Berada di Bali, Sejumlah Selebritis Dunia Rasakan Gempa Lombok

Pengacara Ahok, I Wayan Sudirta menjelaskan, Ahok sudah mendapatkan remisi Natal 2017. Dan peluang remisi 17 Agustus 2018. Sedangkan, narapidana berhak mengajukan permohonan bebas bersyarat setelah menjalani duapertiga masa hukuman.

Jika dikalkulasi, maka Ahok bisa bebas bersyarat pada Agustus 2018 ini. Tanggalnya bisa 17 Agustus atau sesudahnya. Tapi, Ahok mengatakan, dia tidak mengajukan permohonan bebas bersyarat. Dia menunggu bebas murni.

Mengapa Ahok begitu keukeuh, sedangkan dia pernah mengajukan PK? Jawaban pengacara Ahok, Sudirta, PK beda dengan bebas bersyarat. Seandainya PK diterima, Ahok dinyatakan tidak pernah melanggar hukum. Sedangkan bebas bersyarat artinya dia tetap bersalah. Akhirnya dia pilih menjalani hukumannya penuh, dipotong beberapa remisi.

Terus, apa yang akan dilakukan Ahok setelah bebas? Dijawab kakak angkat Ahok, Nana Riwayatie: “Ahok akan menikah lagi,” ujarnya.

Menikah dengan siapa? “Tidak dijelaskan,” jawab Nana. Dan, Nana tidak bertanya detil ke Ahok.

Lantas, apakah Ahok akan berpolitik lagi, atau jadi Cawapresnya Jokowi? “Tidak. Beliau katakan, akan kembali ke profesi lama, berbisnis,” jawabnya. Maka, lega-lah lawan politiknya. (*)

BAGIKAN