Warga Boyolali yang demo Prabowo

@Rayapos | Boyolali – Ribuan warga Boyolali turun ke jalan, Minggu (4/11/2018). Massa aksi menggelar aksi memprotes pernyataan calon Prabowo Subianto mengenai ‘tampang Boyolali’ yang dinilai merendahkan merendahkan mereka.

Ribuan orang tumpah di jalanan Boyolali Kota. Ada dua lokasi konsentrasi massa, yaitu di gedung Mahesa dan di jalan Pandanaran, khususnya di simpang siaga dan monumen susu segar.

Mereka pawai naik sepeda motor keliling kota, tak sedikit yang melepas knalpotnya. Sebagian dari mereka juga membawa spanduk dan poster dengan berbagai tulisan, antara lain #SaveTampangBoyolali, #2019TetapTampangboyolali, Tolak Prabowo, Prabowo Harus Minta Maaf, Tolak Rasis di Indonesia, Boyolali Bermartabat dan lain-lainnya.

Baca juga:

Sebelum Disuspend, Akun Twitter HRS Sempat Serukan Aksi 211

Video… Penumpang Panik, KRL Bau Gas di Buaran

Aksi mendapat pengamanan dari Polres dan Kodim Boyolali. Selain itu tampak pula Satpol PP serta Dinas Perhubungan Boyolali juga tampak ikut berjaga.

Kapolres Boyolali, AKBP Aries Andhi, mengatakan untuk pengamanan aksi warga ini diterjunkan 500 personil. Pihaknya juga melakukan rekayasa jalur untuk mengantisipasi kemacetan.

“Jumlah personil yang diterjunkan (untuk pengamanan aksi ini) gabungan dengan TNI sebanyak 500 personil,” kata Aries Andhi di sela-sela pengamanan aksi.

Seperti diketahui, potongan video dari pidato capres nomor 02 Prabowo Subianto mengenai ‘tampang Boyolali’ viral di media sosial. Pernyataan Prabowo yang menjadi viral itu diketahui ia sampaikan saat meresmikan Posko Badan Pemenangan Prabowo-Sandi Kabupaten Boyolali, Selasa (30/10) lalu.

Dalam salah satu bagian dalam pidato itu, Prabowo membicarakan mengenai belum sejahteranya masyarakat saat ini. Ia memberi ilustrasi tentang ketimpangan sosial dengan menyebut ‘tampang Boyolali’ akan terasing jika memasuki hotel-hotel mewah di Jakarta.

“Kalian kalau masuk, mungkin kalian diusir. Tampang kalian tidak tampang orang kaya, tampang-tampang kalian ya tampang orang Boyolali ini. Betul?” kata Prabowo kepada para pendukungnya.