Rizieq Shihab Segera Diperiksa Sebagai Tersangka Kasus Penghinaan Pancasila

rayapos.com - Irjen Anton Charliyan - penghinaan Pancasila - sweeping
Kapolda Jawa Barat Irjen Anton Charliyan (Foto: olehkabar.com / TAHAR)

@Rayapos | Bandung: Polri dalam hal ini Polda Jawa Barat telah menetapkan Rizieq Shihab sebagai tersangka kasus penghinaan Pancasila, Senin malam (30/1). Ia dijerat dengan Pasal 154a KUHP tentang tindak pidana terhadap lambang negara dan atau Pasal 320 KUHP tentang pencemaran nama baik.

Penetapan tersangka resmi diumumkan oleh Kabid Humas Mapolda Jabar, Kombes Pol Yusri Yunus, setelah polisi melakukan tiga kali gelar perkara.

“Setelah tujuh jam gelar perkara, pemeriksaan saksi-saksi dan bukti dokumen yang kita lengkapi sesuai hasil gelar perkara beberapa waktu lalu, semua unsur terpenuhi di Pasal 154 a dan 320 KUHP tentang penistaan negara dan pencemaran nama baik. Hasilnya seluruhnya sudah terpenuhi unsur, dan penetapan dari saksi terhadap Rizieq Syihab kita naikkan menjadi tersangka,” tegas Yusri di Mapolda Jabar.

Dengan penetapan Rizieq sebagai tersangka, maka ia akan segera dipanggil untuk diperiksa sebagai tersangka meskipun Polda Jabar memutuskan tidak akan melakukan penahanan.

Sebelumnya, Kapolda Jabar Irjen Anthon Charliyan sudah menegaskan minggu lalu bahwa paling telat, Senin (30/1), status hukum Rizieq sudah akan ditetapkan.

“Senin ya kemungkinan besar statusnya akan ditingkatkan menjadi tersangka,” tegas Anton minggu lalu di PTIK Kebayoran Baru Jakarta Selatan.

Pasca penetapan status tersangka, Anton juga menegaskan bahwa seluruh komponen Polisi yang terlibat dalam penyidikan kasus ini, sudah bekerja dengan profesional sesuai standar kepolisian. Ia menekankan tidak ada motif lain di balik status tersangka Rizieq Shihab.

Comments

comments