Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

@Rayapos | Jakarta – Presiden Joko Widodo, akan menyediakan rumah DP nol persen untuk Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI, dan Polri. Menanggapi itu, Gubernur DKI Anies Baswedan menyambut baik.

“Alhamdulillah, artinya itu membuktikan bahwa itu pendekatan yang memang bisa dilakukan. Dulu kan banyak kritik bahwa ini tidak mungkin ada (rumah) DP Rp.0, nah ini nyatanya mungkin,” kata Anies di kawasan Pecenongan Jakarta Pusat, Jumat (9/11/2018).

Baca juga:

Yusril Bela Jokowi-Ma’ruf, Sandiaga Masih Ngarep Dukungan PBB

Mahfud MD: Jangan Sampai Indonesia Seperti Suriah

Anies yang semula menggagas program tersebut pada masa kampanye pilkada 2017 lalu, juga mengapresiasi langkah pemerintah.

Ia berpendapat melalui skema pembiayaan down payment, bakal banyak masyarakat yang nantinya bisa merasakan manfaatnya. Apalagi, salah satu kendala masyarakat dalam mendapatkan hunian layak karena minimnya DP.

Bagi Anies, tingginya harga DP kepemilikan rumah, menjadi pemberat bagi masyarakat di Indonesia untuk memiliki rumah pribadi.

“Karena selama mereka bekerja belum tentu sanggup untuk menabung untuk bisa punya DP, jadi pembebasan DP itu merupakan terobosan yang bisa bermanfaat bagi semua. Saya bersyukur, mudah-mudahan ini benar-benar bisa bermanfaat untuk semua,” pungkasnya.

Seperti diketahui, pemerintah pusat sedang menginventarisasi lahan kosong aset seluruh lembaga/kementerian yang ada di beberapa wilayah.

Selanjutnya pemerintah bakal kerjasama dengan lembaga keuangan swasta untuk membangun hunian layak di lahan tersebut.