Pedagang kecil jualan di Reuni 212, Minggu (2/12/2018) di Monas. Foto: Kemal Maulana

@Rayapos | Jakarta – Sandiaga Uno tidak hadir di Reuni 212, Minggu (2/12/2018) di Monas. Dia di Magelang, Jawa Tengah. Dia komentar via Instagramnya.

Sandi menyampaikan, bersyukur acara berjalan dengan lancar. Dia juga menilai, Reuni 212 juga berperan besar dalam meningkatkan perekonomian rakyat.

“Banyak berkah yang didapat, ekonomi UMKM, menggeliat, hotel-hotel juga penuh dan pariwisata DKI meningkat,” kata Sandi dalam akun instagramnya, sandiuno, Minggu (2/12).

Sandi menyebut, acara seperti ini menunjukkan bahwa Islam sesungguhnya membawa kedamaian bagi semua umat. Hasilnya, aksi berjalan dengan damai dan tertib.

“Inilah Islam yang Rahmatan Lil Alamin. Berkah untuk semesta alam. Salam dari Desa Kalipucang, Grabag, Magelang,” tambah Sandi.

Baca Juga:

Habib Bahar Pidato tentang Kasus ‘Jokowi Banci’ di Reuni 212

PKB Tuding, Reuni 212 Kampanye Prabowo

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan senang dengan penyelenggaraan Reuni 212 yang tertib dan aman. Dia juga menilai, aksi ini turut menggerakkan perekonomian Jakarta.

“Bagi Jakarta kedatangan orang ikut menggerakkan perkonomian. Semua banyak hotel-hotel penuh, kegiatan kuliner luar biasa,” kata Anies usai hadir di Reuni 212, Monas, Jakarta, Minggu (2/12).

Dilanjut: “Jadi ini berkumpulnya banyak ini berkah bagi perekonmian karena yang usaha makanan, minuman, mendadak banyak sekali customer. Jadi bagi usaha kecil mikro menggerakkan luar biasa,”

Anies tak memungkiri warga yang mendadak menggelar berbagai dagangan di sekitar lokasi aksi. Hal itu dinilai lumrah dan justru mempermudah mass Reuni 212 mendapatkan hal yang mereka butuhkan, seperti makanan dan minuman.

Memang banyak penjual gorengan, ketoprak, nasi bungkus, es cendol dan sejenisnya, laku keras. Ini barangkali yang disebut UMKM.

“Ini bagi rakyat kecil usaha kuliner, orang kecil.mendapat manfaat banyak sekali, orang butuh makan dan minum,” tambah dia.

Di sisi lain, Anies mengatakan, acara berjalan sangat baik dan lancar. Keseluruhan acara juga berjalan dengan rapi

“Suasananya biasa aja, suasana orang berkumpul dan pembawa acara seru, lebih rileks. Saya tadi malam sampai jam 1 pagi berkeliling, Lihat tertib semua. mudah2-mudahan sampai akhir berjalan tertib semua,” ucap dia. (*)

BAGIKAN