Wagub DKI Sandiaga Uno (FOTO: RAYAPOS/KEMAL MAULANA)

@Rayapos | Jakarta – Penanganan Kali Item Kemayoran, Jakarta Pusat, disorot pemerintah pusat. Menteri Olahraga dan Pemuda Imam Nahrawi, menilai kain waring yang dipasang diatas kali belum efektif menghilangkan bau.

Namun, menurut Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno, sudah ada perubahan yang signifikan setelah tiga kali melakukan kunjungan kesana.

“Kemarin pak Bestari Barus (Anggota DPRD) sudah hadir di sana. Saya juga sudah 2-3 kali (hadir). Bahwa evaporasi sudah terkurangi secara cukup signifikan. Dan kita alhamdulillah melihat ada suatu perkembangan yang sangat positif,” kata Sandiaga di Monas, Jakarta Pusat, Kamis (2/7/2018).

Baca juga:

Pemerkosa Mahasiswi Indonesia di Belanda Tertangkap

Setya Novanto Huni Sel Palsu di Lapas Sukamiskin

Panglima TNI Tegaskan Pentingnya Keamanan untuk Asian Games 2018

Dikatakan Sandi, pihaknya sangat menerima adanya masukan dari Menteri Olahraga dan Pemuda Imam Nahrawi. Ia memastikan penanganan Kali Item merupakan kerja sama bersama.

“Pak Menpora itu tentunya kita terima dengan baik dan kita pastikan kerja sama ini kerja sama bersama. Jadi juga dunia usaha begitu dicover oleh media,” ungkapnya.

Ia menuturkan, saat ini ada banyaknya masukan yang datang terkait penanganan Kali Item. Suami Nur Asia ini menyebut masukan tersebut sebagai penyemangat. Bahkan kata Sandiaga, ada beberapa pihak yang mendorong penerapan teknologi berbasis biologi maupun kimia.

“Mereka mau coba. Saya bilang pokoknya kita tampung semuanya. Kita pastikan semua ikut melihat Kali Item ini,” kata dia.

Lebih lanjut, Suami nur Asia ini mengingatkan, agar masyarakat tidak lagi menyebutnya sebagai Kali Item. Ia berpendapat bahwa sebuah nama adalah doa, sehingga ia menyarankan agar kali item disebut sesuai dengan nama aslinya yakni kali Sention.

“Jadi sebut saja Kali Sentiong. Itu kan kalau disebut Kali Item, ya item terus. Ya kalau kita ke Marina mau ke Kepulauan Seribu kan kita lihat itu item juga, tapi bagaimana itu tidak berbau yang aromanya tidak sedap. Itu yang harusnya kita tangani sama-sama,” pungkasnya.

BAGIKAN