Wakil Gubernur DKI Sandiaga Uno bertopi putih (FOTO: RAYAPOS/KEMAL MAULANA)

@Rayapos | Jakarta – Pembongkaran Jembatan penyebrangan orang (JPO) di bundaran Hotel Indonesia (HI) bakal dimulai beberapa hari kedepan. Hal ini dikatakn Wagub DKI Jakarta Sandiaga Uno.

“Kemarin kita berkoordinasi bersama MRT Jakarta dan teman-teman Dishub diwakili oleh pak Wakil Kepala Dinas. Bahwa pelikannya akan dibangun beberapa hari ke depan,” ujar Sandiaga di Monas, Jakarta Pusat, Kamis (26/7/2018).

Ia menargetkan pembangunan jembatan bawah tanah penganti JPO atau Pelican crossing akan selesai pada akhir bulan ini. Sedangkan proses pembongkarannya diprediksi Sandiaga bakal memakan waktu sekitar satu minggu.

“Selesainya insya Allah akhir bulan. Nah untuk membongkarnya itu perlu waktu sekitar seminggu,” kata Sandi.

Baca juga:

Setya Novanto Huni Sel Palsu di Lapas Sukamiskin

Daging Anjing Jadi Sajian Favorit di Korut Saat Cuaca Panas

Sejumlah Wajah Tenar Sepak Bola Hadiri Pernikahan Fabregas

Ia mengaku, saat ini sedang berkordinasi dengan sejumlah stake holder terkait pembangunan Pelican crossing atau pedestrian light controlled crossing atau penyeberangan yang diatur dengan tombol dan lampu lalu lintas yang akan disertifikasi oleh Pemprov DKI Jakarta.

“Saya lagi berkoordinasi karena kita akan sertifikasi. Lintasan Sudirman-Thamrin sampai Harmoni ini akan menjadi venue Asian Games yaitu Maraton. Jadi kita tidak ingin mengganggu proses sertifikasi itu. Saya lagi berkoordinasi sama pak Kadishub dan jajarannya juga dengan INASGOC dan Bina Marga, dan ada juga petugas TransJakarta,” tutupnya.

Sebelumnya, rencana pembongkaran JPO HI mencuat lantaran dinilai telah menjadi penghalan patung selamat datang yang di dalam air mancur bundaran HI.

Baik Gubernur Anies Baswedan maupun Wakil Gubernur Sandiaga Uno beralasan, pembongkaran itu bertujuan untuk menghidupkan kembali filosofi patung selamat datang yang dibangun untuk menyambut sejumlah atlet Asian Games pada tahun 1962 silam.

Sebagai gantinya, pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan membangun Pelican crossing atau penyeberangan yang diatur dengan tombol dan lampu lalu lintas yang berada dibawah tanah.

BAGIKAN