Salah satu contoh pelican crossing (ANTARA FOTO/Fadlansyah)

@Rayapos | Jakarta – Jembatan Penyebrangan Orang (JPO) di Bunderan HI, Jakarta Pusat akan dirobohkan, lalu diganti pelican crossing. Wagub DKI Sandiaga Uno mengatakan pelican crossing itu akan digunakan untuk seterusnya, bukan sementara.

“Jadi ini saya sampaikan bukan sementara. Karena (jalur bawah tanah) MRT (mass rapid transit) tidak beroperasi 24 jam, jadi begitu MRT berhenti beroperasi pukul 24.00 ke atas, nanti penyeberangannya ya harus lewat pelican crossing itu juga,” ujar Sandiaga di kawasan Monas, Kamis (26/7/2018).

Sandiaga mengaku sudah berkoordinasi dengan PT MRT dan Dinas Perhubungan DKI Jakarta. Pelican crossing diharapkan dapat dibangun dalam waktu dekat.

Selain pelican crossing, Sandiaga mengatakan Pemprov DKI juga sedang menyiapkan sertifikasi Jalan Sudirman dan M.H Thamrin. Sebab jalan tersebut akan menjadi lintasan maraton Asian Games.

Baca juga:

Ahok akan Buat Kejutan Pada 16 Agustus, Begini Penjelasan Fifi Letty

Dituduh Komisaris Freeport, Amien Rais: Bisa Buktikan, Saya Kasih US$ 100 Juta

Ngeri… Wanita Ini Terseret KA Akibat Gaun Tersangkut

Sandiaga mengatakan Dishub sedang mengatur agar proses sertifikasi ini tidak mengganggu pembuatan pelican crossing.

“Jadi kita tidak ingin mengganggu proses sertifikasi itu. Saya lagi berkoordinasi sama Pak Kadishub dan jajarannya juga dengan INASGOC dan Bina Marga,” ujar Sandiaga.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan menyiapkan fasilitas Pedestrian Light Control atau Pelican Crossing sebagai pengganti sementara atas pembongkaran jembatan penyeberangan orang (JPO) di Bundaran Hotel Indonesia (HI).

“JPO di HI nanti itu akan dicopot untuk sementara akan disiapkan pelican crossing,” kata Anies di Balai Kota Jakarta, Senin (23/7/2018).

Pelican crossing merupakan lampu lalu lintas untuk penyeberangan. Setiap orang yang akan menyeberang di jalan diharuskan menekan tombol di tiang lampu lalu lintas sebelum menyeberang. Pelican Crossing saat ini terpasang di Jalan Medan Merdeka Selatan.

BAGIKAN