Wakil Gubernur DKI Sandiaga Uno (FOTO: RAYAPOS/KEMAL MAULANA)

@Rayapos | Jakarta – Proyek pembangunan LRT Jakarta Fase I yang ditangani slah satu Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Provinsi DKI Jakarta yakni PT Jakpro ditargetkan beroperasi pada bulan agustus 2018.

Lintasan LRT yang terbentang sepanjang 5,8 kilometer dari Velodrome Rawamangun, Jakarta Timur hingga Kelapa Gading, Jakarta Utara itu, ditargetkan bisa beroperasi sebelum Asian Games dimulai.

Hal ini disampaikan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno usai mebgikuti uji coba LRT di Kelapa Gading, Jakarta Utara, Kamis (14/6/2018).

Kehadiran LRT Jakarta diharapkan juga dapat meningkatkan cakupan, kapasitas sistem pelayanan transportasi publik serta menggerakkan perekonomian.

“LRT fase dua insyaAllah tahun depan dimulai. Kita ingin ini menjadi lembaran baru, stasiun akan menjadi TOD dan alat terintegrasi, insya Allah dilanjutkan LRT yang lain termasuk fase 3 untuk mencapai jalan yang sepi dan pekerja Jakarta semakin produktif. (Jakpro) melaporkan 3.500 ,” kata Sandi

Proyek yang memakan anggaran sebanyak 6,8 triliun diharapkan Sandiaga, bisa menjaring 200-300 pekerja yang akan terserap. Tetlebih Sandi berpendapat, LRT di Jakarta tidak kala dengan transportasi yang ada di negara Eropa dan Amerika.

Dalam uji coba tersebut , Sandiaga bersama jajaran PT Jakpro mengecek tes laju gerak kereta dengan menaiki LRT sekitar 15 menit, lalu meninjau sejumlah fasilitas di dalam LRT, termasuk rem, fasilitas emergency call yang langsung terhubung ke masinis kereta, dan fasilitas untuk penyandang disabilitas.

“Akselerasinya sudah sampai 80 km per jam. (Kalau) sudah sampai 80 km per jam berarti ini merupakan sesuatu yang menarik buat warga Jakarta untuk pindah dari kendaraan pribadi motor dan mobil menggunakan LRT atau transportasi berbasis rel. (Juga) antara rem dengan train gate-nya sendiri kita lihat sudah sangat aman sesuai dengan standar internasional dan juga ada tempat akses untuk para penyandang disabilitas. Jadi, ini sangat inklusif dan kita harapkan ini ada ruang untuk usaha-usaha di sekitar stasiun dan kita harapkan akan terintegrasi ke gedung-gedung sekitar,” pungkasnya

BAGIKAN