Menu Sarapan (Foto:Ilustrasi)

@Rayapos | Jakarta – Sarapan penting untuk menjaga kesehatan badan. Jika tak sarapan, Anda akan lebih cepat lapar dan akhirnya makan lebih banyak. Sayangnya, tak sedikit orang yang melakukan kesalahan saat sarapan yang ujung-ujungnya malah bisa membuat berat badan makin bertambah.

Agar sarapan benar-benar bermanfaat dan tidak membuat bobot tubuh bertambah, maka anda perlu mengetahui cara-cara sarapan yang tepat dan menghindari kesalahan-kesalahan yang kerap dilakukan banyak orang.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut 5 kesalahan paling umum saat sarapan:

1. Terlalu banyak gula

Menu sarapan pancake, muffin atau sandwich cukup membuat kenyang meskipun tidak mengandung banyak kalori. Namun hati-hati menambahkan saus cokelat atau karamel pada pancake, muffin, dan sandwich dapat meningkatkan kadar gulanya dalam sekejap.

2. Kopi krim

Secangkir kopi di pagi hari bisa membuat tubuh lebih segar dan fokus. Namun ingat, hindari penggunaan krim dan gula yang terlalu banyak karena dapat meningkatkan kalori.

3. Tambah porsi sarapan

Sarapan sehat dengan buah, sayur, kacang-kacangan, maupun sereal dan roti bisa hilang manfaatnya jika porsi yang Anda makan berlebihan. Makan secukupnya saja, dan usahakan gunakan piring kecil.

4. Makan makanan instan

Meski praktis, makanan instan akan dicerna lebih cepat oleh lambung. Anda akan lebih mudah lapar dan bisa makan lebih banyak saat makan siang daripada yang dibutuhkan

5. Kurang minum air

Kurang minum air putih bisa membuat Anda sarapan lebih banyak daripada seharusnya. Cukupi kebutuhan minum air agar terhindar dari dehidrasi yang gejalanya mirip dengan lapar.

Comments

comments

BAGIKAN