Ilustrasi

@Rayapos | Jakarta – Dalam pergaulan, tanpa disadari terkadang ada ‘biang kerok” di antara kalian. Ia akan selalu menjadi sumber masalah bagi orang lain. Padahal, dia sendirilah yang bermasalah. Misalnya, diam-diam ia adalah pengguna obat-obatan terlarang, atau memiliki tabiat buruk meski dalam pergaulan sehari-hari ia selalu tampil sebagai orang baik, sopan dan ramah.

Keberadaan teman seperti itu perlu diwaspadai, karena tanpa disadari akan membawa pengaruh buruk dalam pergaulan.

Dilansir The Independent, berikut sepuluh tanda umum yang bisa dikenali dari si “Biang Kerok”

1. Kamu akan selalu merasa lelah setelah bertemu dengan si ‘biang kerok’ yang selalu menimbulkan masalah bagi orang lain (trouble maker)

2. Biasanya, orang seperti itu akan selalu mengintimidasi atau memaksakan kehendaknya, bahkan tak segan-segan mengancam untuk bisa memperoleh apa yang diinginkannya.

3. Ia berusaha membuatmu merasa bersalah. Misalnya dengan mengatakan, “kamu adalah teman terbaikku, hanya kamulah yang bisa menolongku…”

4. Mudah iri hati atau cemburu. Dengan berlaku seolah-olah cemburu, ia akan bisa membuatmu merasa bersalah, hingga akhirnya kamu mudah dikendalikan olehnya dengan cara yang tidak sehat. Misalnya, membujuk kamu untuk memutuskan pertemanan dengan orang lain, atau memblokir nomor kontak dan medsosnya.

5. Ia tidak suka ditolak. Jika ditolak ia akan mencari gara-gara agar semuanya kemauannya dituruti.

6.Ia selalu menganggap diri sebagai korban. Biang Kerok selalu mengeluh atau bersikap seperti orang yang paling menderita dan perlu dikasihani. Ia kerap mempertanyakan “apa salahku, sehingga orang-orang meninggalkanku?

7. Suka memberi pujian terselubung. Bahkan saat memberikan pujian pun, ia tak segan-segan menyelipkan sindiran.

8. Tidak menghormati aturan
Ia cenderung melanggar atau mengabaikan aturan yang ada. Sebaliknya ia selalu punya alasan untuk menolak aturan itu.

9. Cenderung menutup diri
Ini adalah tanda kecil yang tidak pernah kamu sadari, meski telah terjadi beberapa kali; ia tidak pernah bertanya tentang kehidupanmu, ia hanya menghubungimu saat membutuhkan sesuatu atau ingin mengeluhkan sesuatu yang ujung-ujungnya sebenarnya ia butuh bantuanmu.

10. Terlalu banyak mengungkapkan informasi yang sangat pribadi atau intim tentang orang lain secara langsung. Sebenarnya dengan mengungkap rahasia orang lain, ia hanya ingin mendapat persetujuanmu. Selebihnya ia akan cuci tangan. Selanjutnya, ia menyebarkan lagi rahasia itu dengan mengatakan sumbernya adalah dari kamu.

Baca juga : 
Cara Jitu Hindari Godaan Belanja
Bebaskan Hiu Paus, Nelayan Tanah Bumbu Banjir Apresiasi
Bangga Kenakan Batik, Begini Modisnya Sri Mulyani

Jika kemudian kamu menyadari ada temanmu yang memiliki ciri-ciri seperti tersebut di atas, sebaiknya pertimbangkan segera untuk meninggalkannya dan mencari lingkungan atau teman yang lebih baik.

BAGIKAN