Segarnya Air Kelapa, Segarnya Tubuh Kita

Ilustrasi Buah Kelapa dan Segelas Air Kelapa Muda (Foto: Ilustrasi)

@Rayapos.com | Jakarta: Siapa yang tidak kenal dengan buah kelapa? Buah kelapa atau Cocos nucifera (nama latin) adalah anggota tunggal dalam marga Cocos dari suku aren-arenan atau Arecaceae.

Hampir semua bagian dari tumbuhan yang terdapat di pesisir pantai ini memiliki manfaat.

Selain dagingnya yang manis dan lunak serta menggoda untuk disantap di saat cuaca terik, ternyata air dari buah kelapa juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Air kelapa merupakan sumber elektrolit alami yang baik untuk tubuh. Air kelapa dipercaya memiliki kemampuan untuk menyembuhkan beberapa penyakit seperti alergi, demam berdarah, diare, panas dalam, membersihkan kulit yang berjerawat dan serta membantu dalam perawatan kesehatan kulit.

Biasanya, yang dikonsumsi adalah air kelapa hijau atau kelapa yang masih muda, karena rasanya masih manis dan segar. Air kelapa hijau sangat baik disarankan untuk diminum oleh anak-anak, remaja, orang tua, bahkan ibu hamil.

Berikut beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan jika rutin mengkonsumsi air kelapa

1.Mengandung Isotonik

Air kelapa baik dikonsumsi disaat lesu dan dehidrasi karena kekurangan mineral dan cairan setelah olahraga. Ini karena air kelapa mengandung larutan isotonik yang mampu untuk melakukan re-hidrasi pada tubuh, sehingga tubuh segar kembali. Air kelapa juga berperan sebagai minuman elektrolit yang mengandung natrium, kalium, kalsium, dan magnesium. Pun demikian, kita tetap tidak bisa mengganti air putih sebagai sumber utama minuman sehari-hari untuk menghindari dehirasi.

2.Meningkatkan Sistem Imun (Kekebalan Tubuh)

Air kelapa kaya akan nutrisi dan vitamin. Kandungan yang terdapat di dalamnya berperan sebagai anti-biotik, anti-jamur dan anti bakteri yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melawan infeksi virus seperti flu, infeksi saluran kemih, penyakit gusi, dan beberapa masalah lainnya.

3.Melancarkan Sirkulasi Darah

Bila dikonsumsi dalam jumlahyang tepat, air kelapa bisa membantu meningkatkan dan melancarkan sirkulasi peredaran darah. Ini bermanfaat untuk mengatasi kerontokan pada rambut. Air kelapa juga rendah karbohidrat dan tinggi serat, sehingga baik untuk dikonsumsi penderita diabetes.

4.Menetralisir Racun dalam Tubuh

Kandungan Tanin dan antidotum (anti racun) dalam air kelapa hijau sangat tinggi, selain itu tedapat kandungan enzim yang bekerja untuk mengurai zat racun di dalam tubuh. Ini sebabnya air kelapa efektif diandalkan untuk mengurai zat racun yang ada di dalam tubuh.

5.Kesehatan Kulit

Air kelapa bersifat mengurai virus, bakteri dan jamur. Rajin mengkonsumsi air kelapa dapat membantu mengatasi alergi pada kulit. Untuk mengatasi jerawat, usapkan air kelapa pada kulit wajah dan diamkan semalaman. Selain itu, air kelapa juga bisa memberi kilau alami pada kulit.

Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, sebaiknya konsumsi 1-2 gelas air kelapa di pagi atau siang hari. Tidak disarankan mengkonsumsi pada malam hari sebelum tidur karena air kelapa mudah diserap dan dikhawatirkan dapat mengakibatkan timbunan glukosa dalam tubuh.

Comments

comments