Sekda Minta Kabupaten Bentuk Tim Pengendali Inflasi

@Rayapos | Palembang: Pelaksana Tugas Sekretraris Daerah Sumatera Selatan Joko Imam Sentosa minta kepada pemerintah kabupaten dan kota membentuk tim pengendali inflasi daerah dalam mengendalikan kenaikan harga.

Sekarang ini baru Kota Palembang dan Lubuklinggau yang memiliki tim pengendali inflasi daerah sehingga semuanya harus membentuk, kata Sekda di Palembang, Jumat (27/1).

Tim itu berfungsi untuk memantau dan pengendalikan bila terjadikan kenaikan harga di luar batas yang akan memacu inflasi, ujar dia.

Dia mengatakan, apalagi saat efesiensi sekarang ini masyarakat sangat mengharapkan harga tetap stabil dan itu harus diatasi Pemerintah Kabupaen dan Kota.

Oleh karena itu tim pengendali inflasi daerah di kabupaten dan kota sangat diperlukan sehingga itu harus dibentuk, ujar dia.

Yang jelas, lanjut dia, bila memiliki tim pengendali inflasi maka perkembangan harga dapat dipantau sekaligus dapat diketahui penyebab kenaikan.

Hal ini karena tim pengendali inflasi anggotanya terdiri dari berbagai instansi seperti diantaranya dinas pertanian, perdagangan atau yang sangat terkait dengan pengadaan kebutuhan pokok.

Sehubungan itu diharapkan kabupaten dan kota yang belum memiliki tim tersebut segera membentuk supaya inflasi dapat dikendalikan, kata dia.

Memang, lanjut dia, umumnya kenaikan harga akibat persediaan berkurang sehingga kebutuhan sulit didapat para konsumen.

Namun kesemuanya itu tugas bersama untuk mengatasi dan bukan hanya pemerintah saja, tambah dia. [ant]

Comments

comments

LEAVE A REPLY