Pesawat Boeing 737 Max 8 milik Lion Air

@Rayapos | Jakarta – Lion Air JT 610 rute Jakarta-Pangkalpinang Senin kemarin jatuh di perairan utara Karawang. Pesawat berjenis Boeing 737 MAX 8 itu diduga bermasalah sehingga berakhir tragis.

Padahal pesawat itu baru saja dioperasikan pada Agustus 2018 lalu. Baru 2 bulan pesawat ini beroperasi.

Selain maskapai Lion Air, jenis pesawat yang sama juga dioperasikan oleh sejumlah maskapai lain.

Berikut beberapa maskapai yang juga menggunakannya:

1. Southwest Airlines

Maskapai Southwest Airlines merupakan maskapai pertama di Amerika Utara yang menggunakan pesawat jenis Boeing 737 MAX 8. Diketahui, penerbangan perdananya adalah dari Dallas ke Houston pada Oktober 2017 lalu.

“MAX 8 merupakan masa depan dari armada Southwest,” ujar CEO Southwest, Gary Kelly seperti diberitakan media USA Today.

Mendengar berita duka yang menimpa Lion JT 610, pihak Souhtwest Airlines juga menyampaikan ucapan belasungkawa.

“Seluruh keluarga Southwest berbelasungkawa untuk setiap anggota keluarga korban yang terdampak oleh tragedi di Indonesia. Kami telah mengontak pihak Boeing dan menunggu hasil investigasi,” tulis Southwest dalam pernyataan mereka.

2. American Airlines

Masih dari Negeri Paman Sam, maskapai American Airlines juga memakai pesawat jenis Boeing 737 MAX 8. Mereka pun pertama kali memakai pesawat jenis tersebut pada November 2017.

Diketahui, maskapai American Airlines memiliki 15 pesawat jenis jenis Boeing 737 MAX 8 yang dioperasikannnya hingga kini.

3. Jet Airways

Maskapai Jet Airways yang menjadi salah satu dedengkot dunia penerbangan di India, juga memakai pesawat jenis Boeing 737 MAX 8.

Tertulis dalam situs resminya, maskapai Jet Airways mengklaim pihaknya sebagai yang pertama kali mengenalkan Boeing 737 MAX 8 ke publik India.

4. Copa Airlines

Maskapai Copa Airlines asal Panama juga menjadi salah yang memakai pesawat jenis Boeing 737 MAX 8 dan penerusnya Boeing 737 MAX 9.

Tertulis dalam situs resmi Boeing, kalau pihaknya dan Copa Airlines telah melakukan kerjasama dalam bentuk pemesanan armada Boeing 737 MAX sebanyak 61 buah.

“Generasi 737 merupakan tulang punggung armada kami hari ini. Pemesanan 737 MAX menunjukkan komitmen kami untuk masa depan dengan cara membawa orang-orang menyeberangi Amerika menggunakan maskapai paling modern dan efisien dalam dunia penerbangan,” ujar CEO Copa Airlines, Pedro Heilbron.

5. Garuda Indonesia

Dari dalam negeri, maskapai nasional Garuda Indonesia juga memakai pesawat jenis Boeing 737 MAX 8. Diketahui, Garuda Indonesia pernah memesan 50 unit Boeing 737 MAX tahun 2014 di bawah kepemimpinan Emirsyah Satar.

“737 MAX 8 merepresentasikan masa depan cerah dan efisien untuk maskapai Garuda Indonesia,” ujar Emirsyah Satar saat itu seperti tertulis di situs Boeing.

Itulah beberapa dunia dan dalam negeri yang diketahui memakai pesawat jenis Boeing 737 MAX 8. Dalam situs resmi Boeing, tercatat sebanyak 68 maskapai dunia telah memakai pesawat jenis tersebut.