Ilustrasi Rayapos

@Rayapos | Jakarta – Mentimun, yang memiliki nama latin Cucumis Sativus L sering dijadikan pendamping lalapan. Jenis sayuran yang menyegarkan ini ternyata rendah kalori karena menawarkan air dan elektrolit yang melimpah.

Satu buah mentimun cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin. Beberapa vitamin yang terkandung dalam mentimun adalah Tiamin (vitamin B1), Riboflavin (vitamin B2), Niacin (vitamin B3), Vitamin B6, Asam Folat, Kalsium, Besi, Potasium, Zinc, Magnesium dan Fosfor.

Selain baik untuk kesehatan, mentimun ternyata juga bermanfaat untuk perawatan kecantikan. Sebagaimana dihimpun dari berbagai sumber, berikut kegunaan jenis sayuran yang mengandung air ini.

1. Memperbaiki Warna Kulit
Manfaat mentimun yang paling umum adalah memperbaiki warna kulit dengan cara mencerahkan kulit wajah dan cara memutihkan wajah secara alami. Cara membuat hanya mencampurkan mentimun bersama air perasan lemon dan digunakan ke wajah.

2. Mengatasi Wajah Berminyak
Penyebab kulit berminyak saat bangun tidur bisa diatasi dengan cara merawat kulit berminyak menggunakan masker yang dibuat dari mentimun dan pelembab untuk kulit berminyak.

3. Mencegah Penuaan
Mentimun mengandung caffeic acid dan vitamin C yang bisa berfungsi sebagai cara mencegah penuaan dini dan juga mengurangi keriput, mengatasi kulit yang rusak karena terbakar matahari dan sebagainya.

4. Menghilangkan Kantung Mata
Apabila Anda punya masalah kantung mata maka mentimun dapat menjadi solusinya. Kandungan asam askorbat dari mentimun bisa mengurangi kandungan air pada kulit di sekitar mata jika ditempatkan di area mata selama sekitar dua puluh menit.

5. Menghilangkan Bintik Hitam
Mentimun juga dapat menghilangkan bintik hitam pada wajah secara alami. Cara menggunakannya dengan memarut mentimun dan menggunakan airnya untuk diusapkan ke seluruh wajah dan leher.

6. Mengatasi rambut rontok
Timun mengandung silikon, sulfur, sodium, fosfor dan kalsium yang merupakan nutrisi penting untuk pertumbuhan rambut. Dengan mengkonsumsi timun, tentunya akan berdampak baik bagi rambut kita.

7. Untuk merawat kuku
Ternyata mentimun juga bisa merawat kuku. Bukan hanya itu, mentimun juga bisa memberikan efek kilap pada kuku kita, sehingga kuku jadi terlihat lebih sehat.