Air Mentimun atau Cucumber Infused Water (Foto:Ilustrasi/Getty Images)

@Rayapos | Jakarta –  Selama menjalankan puasa Ramadan, Anda musti pinter-pinter memilih jenis makanan dan minuman yang cocok untuk dikonsumsi.

Salah satu jenis minuman yang dianjurkan untuk dikonsumsi saat berbuka hingga sahur adalah Air Mentimun.

Air mentimun atau dikenal juga dengan sebutan cucumber infused water adalah penyembuh dahaga yang mengandung vitamin dan mineral. 

Selain itu, masih banyak lagi manfaat kesehatan yang diperoleh dari cucumber infused water tersebut. 

Berikut beberapa manfaatnya seperti dirangkum dari berbagai sumber; 

1. Air mentimun dapat melindungi otak

Mentimun mengandung flavonol anti-inflamasi yang disebut fisetin. Fisetin membuat otak lebih sehat dan lebih muda. Studi bahkan menunjukkan bahwa air mentimun membantu pasien Alzheimer mempertahankan fungsi kognitif lebih lama.

2. Air mentimun membantu menjaga berat badan

Makanan rendah kalori dan serat tinggi bagus untuk mengurangi rasa lapar dan menjaga berat badan yang sehat. Satu cangkir air dengan irisan mentimun mengandung kurang dari 20 kalori, menjadikan mentimun salah satu makanan rendah kalori.

Terkadang, ketika kita menginginkan camilan, yang kita utamakan adalah tekstur. Ketimun memiliki tekstur renyah luar biasa yang bisa memuaskan keinginan itu tanpa menambah kalori ekstra.

3. Mentimun segar sama dengan nafas segar

Ilmu kuno Ayurveda menyebutkan panas yang berlebihan di perut sebagai penyebab bau mulut. Mentimun adalah makanan pendingin, yang dapat meringankan masalah tersebut. Air mentimun dikombinasikan dengan teksturnya yang renyah dapat mengurangi bakteri penyebab ludah yang berbau dari mulut.

4. Mentimun memiliki vitamin dan mineral ekstra

Secara alami mentimun memiliki jumlah manfaat gizi yang mengejutkan. Satu mentimun mengandung Vitamin A, Vitamin B-6, dan Vitamin C, serta Magnesium dan Kalsium.

5. Ketimun dapat membersihkan tubuh dari racun

Mirip dengan makanan super lainnya, mentimun mengandung antioksidan yang bermanfaat, seperti Vitamin C dan beta-karoten. Air mentimun secara alami dapat membersihkan tubuh kita dari racun.

6. Ketimun membuat tubuh terhidrasi

Nafsu makan yang berlebihan dan rasa lemas sering disebabkan oleh dehidrasi. Di musim kemarau, lebih banyak H2O yang dbutuhkan tubuh.

7. Air mentimun mendukung kesehatan jantung

Penyakit jantung adalah salah satu penyebab kematian terbesar di dunia. Diet kaya gizi adalah cara terbaik untuk mempertahankan gaya hidup sehat. Menambahkan mentimun yang mengandung kalium ke dalam diet dapat membuka kehidupan yang sehat bagi jantung.

8. Mentimun organik dapat mengurangi risiko kanker

Mentimun merupakan jenis produk yang paling tercemar ketiga belas ketika tidak tumbuh secara organik. Dalam hal ini, akan lebih baik untuk mengambil mentimun yang ditanam secara organik agar mengurangi risiko paparan karsinogen.

9. Air mentimun baik untuk kulit Anda

Silica dalam mentimun membantu mencegah jerawat dan kondisi kulit lainnya. Anda mungkin sering melihat orang menaruh potongan mentimun di atas matanya. Tetepai untuk benar-benar mendapatkan manfaat penuh dari buah ini, tambahkan langsung mentimun ke air minum Anda.

10. Mentimun meningkatkan kesehatan otot dan tulang

Ketimun memiliki jumlah nilai gizi yang mengejutkan. Satu ketimun mengandung Vitamin A, Vitamin B-6, dan Vitamin C, serta magnesium dan kalsium. Ketimun juga kaya akan vitamin K. Ketimun yang tidak dikupas mengandung sekitar 17 mikrogram Vitamin K per porsi.

Ketika kulitnya dikupas, berarti Anda telah membuang sekitar setengah kandungan Vitamin K di dalamnya.Vitamin K membantu proses pembekuan darah, dan memperkuat tulang. Kekurangan vitamin ini dapat menyebabkan osteoporosis dan kondisi masalah jantung.

Mentimun juga mengandung silika, mineral yang membantu tubuh menyerap kalsium. Jika Anda tidak mempunyai cukup silika, tulang dan jaringan ikat akan tumbuh lebih lemah dari waktu ke waktu.

11. Minum air mentimun adalah awal menuju perilaku sehat

Mengembangkan kebiasaan yang sehat bisa mengarahkan kita membuat keputusan yang lebih sehat pula dalam aspek-aspek lain dalam kehidupan. Anda bisa membiasakan diri untuk menambahkan asupan hijau dan menghindari minuman manis. Air mentimun dapat menjadi bagian dari perubahan pola pikir yang mengubah hidup lebih sehat. Untuk saran penyajian yang lebih bagus, Anda dapat menambahkan lemon atau daun mint ke dalam air mentimun.