@Rayapos | Jakarta – Tak dapat dipungkiri, berolahraga dapat meningkatkan kesehatan. Bahkan jika kita melakukannya secara rutin dalam jangka waktu tertentu, aktivitas gerak tubuh ini bisa membuat pikiran tetap tajam dan mental terjaga.

Hal tersebut terungkap dari sebuah penelitian terbaru. Riset itu mengemukakan bahwa olahraga selama enam bulan sekitar 52 jam dapat membantu Anda mempertahankan kesehatan mental.

Durasi ini setara dengan empat jam dalam seminggu. Sejatinya memang jangka waktu ini tidak terlalu banyak, mengingat seseorang bisa berolahraga lebih dari itu.

Sebagaimana dilansir laman Indiatimes, Selasa (6/11/2018), penelitian yang diterbitkan di Journal of Neurology and Clinical Practice adalah sebuah bukti bahwa olahraga tidak hanya menyehatkan secara fisik, melainkan mempertajam daya pikir.

Baca Juga:

Ngeri, Kurang Tidur Bisa Cepat Tua dan Penurunan Daya Pikir

5 Manfaat Jahe Bagi Kecantikan

Sering Ngemil Kuaci, Kulit Jadi Lebih Sehat

Alasan lain mengapa olahraga mampu menjaga otak tetap tajam adalah efek positif dari aktif bergerak secara keseluruhan. Salah satunya termasuk mengurangi kerusakan yang terkait dengan usia.

Para peneliti menyebut hormon tulang alami berpotensi membalikkan hilangnya memori di otak yang menua dengan olahraga. Sebuah studi tentang hormon osteokalsin memberi wawasan baru tentang bagaimana olahraga, secara positif berpengaruh pada otak.

“Hampir semua orang akan kehilangan memori yang berkaitan dengan usia dalam hidup mereka. Jadi sangat penting untuk memahami penyebabnya dan mengidentifikasi cara untuk meredakannya,” ungkap Eric R. Kandel, Profesor di Columbia University, Amerika Serikat.

“Dengan studi saat ini, kita tidak hanya membangun pemahaman yang mendetail tentang bagaimana kehilangan memori yang berkaitan dengan usia berasal dari otak,” jelasnya.

“Kami telah menunjukkan bagaimana osteokalsin berinteraksi dengan protein kunci di otak untuk meningkatkan memori.”

BAGIKAN