Wisatawan Muslim - ilustrasi

@Rayapos |Jakarta – Sepanjang tahun 2017, Indonesia berhasil memposisikan diri menjadi destinasi favorit bagi para wisatawan Muslim Milenial kedua dunia.

Berdasarkan laporan terbaru dari Mastercard-Halal Trip Muslim Millenial Travel Report (MMTR2017), Indonesia hanya kalah dari negara tetangga yakni Malasya.

Meski belum berhasil mencapai peringkat tertinggi sebagai destinasi tervavorit dunia, namun capaian itu sudah jauh lebih baik dari tahun sebelumnya (2016).

Baca juga : Geopark Ciletuh Laut Purba Paling Keren di Pulau Jawa

Dibandingkan dengan laporan sebelumnya, terlihat ada progres yang dicapai dalam mengembangkan dunia kepariwisataan di Indonesia. Pada laporan yang sama di tahun sebelumnya, posisi Indonesia berada di peringkat ke-empat.

Berdasarkan perbaikan peringkat Indonesia yang nyaris berada di posisi teratas, target selanjutnya yang dipatok adalah menggeser Malaysia untuk mencapai peringkat teratas.

“Kita sudah tetapkan, common enemy kita bersama. Musuh emosionalnya, Malaysia. Musuh professional kita Thailand. Sekarang yang harus dicari adalah cara mengalahkan rival tadi. Bagaimana mengejar ketertinggalan? Kalahkan mereka hingga betul-betul capaian kita mengalahkan mereka,” ucap Menteri Pariwisata Arief Yahya dalam acara Wonderful Indonesia Co-branding Forum (WICF) di Balairung Soesilo Sudarman, Jakarta, bulan Agustus lalu.

Baca juga : Pantai Parangtritis Favorit Wisatawan di Bantul

Dari hasil penilaian MMTS2017, Indonesia unggul dalam hal fasilitas ramah traveler Muslim, fasilitas-fasilitas muslim friendly. Sedangkan kekalahan Indonesia dari Malaysia terletak pada kemampuan bahasa. Itu sebabnya tahun 2018 ini , Indonesia akan memperkuat SDM yang lebih mumpuni termasuk penguasaan bahasa asing.

Berikut, urutan Wisata favorit traveler muslim milenial, versi Mastercard-Halal Trip Muslim Millenial Travel Report (MMTR2017)

1. Malaysia
2. Indonesia
3. Jepang
4. Thailand
5. Australia
6. Singapura
7. UEA
8. Inggris
9. Amerika Serikat
10.India

Comments

comments