Jennifer Dunn saat berada di Mapolda Metro Jaya. (FOTO: Galuh Ratnatika)

@Rayapos | Jakarta – Berita tentang artis yang terjerat narkoba sepertinya tak ada habisnya. Kabar terbaru, artis cantik Jennifer Dunn harus berhadapan dengan aparat lagi karena narkoba. Ia kini ditahan di Mapolda Metro Jaya akibat perbuatan yang terus diulangnya itu.

Jennifer Dunn di Mapolda Metro Jaya (Foto : Tribunnews)
Jennifer Dunn di Mapolda Metro Jaya (Foto : Tribunnews)

Seperti diketahui, ini merupakan kali ketiga Jedun mendekam di penjara gara-gara mengkonsumsi barang haram itu. Sebelumnya, Jennifer Dunn pernah ditangkap polisi sebanyak dua kali pada 2005 dan 2009. Pada kasus penangkapan kedua, Jennifer Dunn diciduk di kamar kost-nya bersama beberapa temannya yang sedang pesta narkoba dan seks. Akibat perbuatannya, pemain film Buruan Cium Gue ini terancam hukuman 20 tahun penjara.

Tak hanya Jennifer Dunn yang sepertinya tak kapok mengkonsumsi narkoba dan harus berkali-kali berurusan dengan aparat penegak hukum. Berikut deretan artis yang berkali-kali masuk penjara gara-gara jeratan narkoba selain Jennifer Dunn;

1. Tio Pakusadewo

Tio Pakusadewo saat di Polda Metro Jaya. (FOTO: Galuh Ratnatika)
Tio Pakusadewo saat di Polda Metro Jaya. (FOTO: Galuh Ratnatika)

Aktor senior Tio Pakusadewo kembali terjerat kasus penggunaan dan kepemilikan narkotika. Aktor yang dikenal lewat film Cinta dalam Sepotong Roti arahan Garin Nugroho pada 1990 itu ditangkap polisi di kediamannya di kawasan Pejaten Jakarta Selatan, Jumat (22/12/2017).

Bukan kali ini saja Tio Pakusadewo berurusan dengan polisi karena narkotika. Tahun 2009 lalu, ia terjebak dalam pusaran masalah pribadi dan narkoba justru saat ia sudah menggapai karir gemilangnya sebagai aktor berprestasi.

Dalam suatu acara pemberantasan miras di Jakarta bulan Mei 2017 lalu, Tio sempat membagi kisah pedihnya saat ia terjerat narkoba selama 15 tahun! Ia kemudian mengaku telah berhasil menghentikan ketertarikan dan keterikatan dengan narkoba. Tio mengatakan, melepaskan diri dari narkoba membuat dirinya kembali merasa lebih ringan, cerah, dan senang dalam menghadapi kehidupan.

Tapi ternyata, pengakuan yang diungkapkan di hadapan publik hanya 7 bulan sebelumnya itu bohong belaka. Terbukti ia, kembali ditangkap polisi karena mengkonsumsi sabu dengan dalih mengobati kakinya yang sakit akibat kecelakaan. Saat penangkapan, polisi menemukan sabu seberat 1,6 gram sisa pakai. Ia dijerat Pasal 114 ayat (1) subsider Pasal 112 ayat (1) lebih subsider Pasal 127 ayat (1) huruf a UU R.I No.35/ 2009 tentang Narkotika.

2. Roy Marten

Roy Marten (Foto : Dok:Gozzip)
Roy Marten (Foto : Dok:Gozzip)

Aktor senior Roy Marten pernah dua kali terjerat kasus narkoba. Roy ditangkap pada 2 Februari 2006 sekitar pukul 16.00, karena diduga membawa narkoba jenis sabu-sabu seberat 3 gram, di sebuah rumah di kawasan Ulujami, Jakarta Selatan. Atas perbuatannya itu, ia divonis 9 bulan penjara subsider 3 bulan.

Jera dengan hukuman itu, Roy Marten kemudian aktif dalam penyuluhan anti narkoba. Tapi, aktif saja rupanya tidak cukup, ia kembali terjerumus mengkonsumsi sabu justru saat ia selesai memberikan testimoni dalam acara yang digelar Badan Narkotika Nasional (BNN) di Surabaya pada tanggal 13 November 2007. Roy ditangkap bersama tiga temannya di Hotel Novotel Surabaya dengan dugaan mengonsumsi shabu-shabu. Pada saat penangkapan, polisi menemukan barang bukti, 1 gram dan 1 ons shabu-shabu di kamar 364 Hotel Novotel.

Roy akhirnya dijatuhi vonis tiga tahun penjara serta denda Rp10 juta dengan subsider tiga bulan kurungan. Vonis tersebut lebih ringan dari dari tuntutan JPU (Jaksa Penuntut Umum) yakni tiga tahun enam bulan (3,6 tahun) dan denda Rp10 juta subsider tiga bulan kurungan.

3. Fariz RM

Fariz RM (detikcom)
Fariz RM (detikcom)

Penyanyi legendaris yang menciptakan segudang karya ini juga tak lepas dari kasus narotika yang menjeratnya. Yap, pernah mengaku ketagihan dengan alkohol dan narkoba, akhirnya Fariz RM harus berurusan dengan polisi pada tahun 2001. Hal tersebut pula harus membuat paman dari Sherina Munaf ini mendekam dalam jeruji besi.

Bukan hanya sekali saja pria 56 tahun ini masuk penjara. Pada tahun 2007, ia kembali terjerat kasus serupa. Polisi menemukan musisi senior ini tengah memiliki ganja dengan berat 5 gram. Penangkapan tersebut membuat pria bertubuh kurus ini divonis masuk penjara dan wajib mengikuti program rehabilitasi.

4. Revaldo

Revaldo (Foto : Istimewa)
Revaldo (Foto : Istimewa)

Siapa yang tak kenal dengan aktor ganteng satu ini? Bermain apik dalam film AADC Revaldo sangat digilai oleh banyak wanita di Indonesia. Bahkan sejumlah tawaran lain juga datang menghampirinya. Namun, ketenarannya akhirnya sirna setelah ia tertangkap polisi karena kedapatan memiliki shabu, ekstasi dan ganja pada tahun 2006 lalu. Akibatnya, ia divonis penjara selama dua tahun.

Tak ada kapoknya masuk dalam penjara, Revaldo kembali ditangkap oleh polisi pada bulan Juli tahun 2010 lalu. Ia tertangkap memiliki shabu sebanyak 62 gram dan ganja. Tak seperti kasus pertamanya, Revaldo harus menerima putusan hakim bahwa dirinya divonis hukuman penjara selama 5 tahun. Dan pada awal September lalu, dirinya baru menghirup udara bebas.

5.Sheila Marcia Joseph

Sheila Marcia (Foto : Istimewa)
Sheila Marcia (Foto : Istimewa)

Artis cantik yang memulai kariernya sebagai gadis sampul di sebuah majalah ini juga pernah tersandung masalah narkotika. Yap, Sheila tertangkap tangan sedang pesta narkoba dengan empat temannya pada Agustus 2008 silam. Akibatnya, mantan kekasih dari Ricky Harun ini harus mendekam di penjara selama satu tahun.

Masih diingat oleh banyak orang tentang penangkapannya, Sheila Marcia lagi-lagi dihebohkan kembali dengan kasus yang sama. Tak hanya heboh karena narkoba, Sheila juga ramai dibicarakan karena mendekap di jeruji besi dalam keadaan hamil pada tahun 2009 lalu.

6.Roby Satria

Robby Satria (Foto : Istimewa)
Robby Satria (Foto : Istimewa)

Sebelum penangkapannya di Denpasar kemarin, nama Roby Satria atau dikenal dengan Roby Geisha pernah diciduk polisi pada tahun 2013 lalu. Ia bersama 2 temannya digerebek mengantongi barang terlarang di rumahnya. Dalam penggerebekan tersebut, polisi menemukan barang bukti 0,5 gram ganja bekas pakai dan satu bungkus cigarette papper merk Marsbrand.

Menurut penuturannya kala itu, Roby mengaku bahwa barang haram tersebut adalah milikinya sendiri. Pun telah masuk dalam jeruji besi dalam kurun waktu yang cukup lama, lagi-lagi pria kelahiran Pekanbaru ini harus kembali masuk ke dalam jeruji besi karena mengulangi kesalahan yang sama.

BAGIKAN