@Rayapos | Jakarta – Siapa sih yang nggak tau Kuaci? Sebagian besar masyarakat tentu akrab dengan camilan ringan dari biji bunga matahari ini. Meski begitu, tak banyak dari mereka yang tahu jika mengonsumsi kuaci bermanfaat bagi kesehatan kulit.

Kuaci biji bunga matahari biasanya berwarna kehitaman. Camilan diproses dengan dikeringkan dan diasinkan. Proses penyangraian memberikan aroma sedap dan penambahan garam memberikan rasa gurih dan meningkatkan daya awet.

Sebagaimana dilansir laman Time, Selasa (2/11/2018), satu porsi atau 1 ons biji bunga matahari yang dikupas mengandung asam lemak tak jenuh 88 persen, antara 44-72 persen adalah asam linoleat.

Selain itu, Kuaci biji bunga matahari banyak mengandung vitamin B kompleks, vitamin B6, dan vitamin E. Komponen paling dominan pada minyak biji bunga matahari diantaranya

Seorang ahli diet, Alissa Rumsey mengatakan bahwa lemak tak jenuh tunggal dan ganda pada kuaci mampu menjaga kesehatan. Berikut beberapa manfaat ngemil kuaci.

1. Memperlambat penuaan dini
Kuaci memiliki vitamin E yang dianggap sebagai obat alami untuk mengatasi permasalahan kulit penuaan dini. Cemilan ini dapat memberikan perlindungan pada kulit dari radikal bebas, sehingga tampilan kulit akan tetap sehat dan kencang.

Baca Juga:

Studi: Berhubungan Seks Bisa Bikin Kurus

Awas, Obesitas Bisa Bikin Otak Jadi ‘Lemot’

4 Bahan Alami Ini Bisa Hilangkan Noda Bekas Jerawat

2. Melindungi lapisan kulit
Sering mengonsumsi kuaci dapat memproduksi melanin di dalam tubuh kita, dengan demikian akan melindungi kulit dari bahaya sinar ultraviolet matahari. Dengan begitu, lapisan kulit tidak mudah terbakar matahari saat melakukan aktivitas di bawah terik matahari.

3. Mencegah kulit berjerawat
Dalam biji bunga matahari atau kuaci memiliki kandungan asam lemak esensial seperti asam linoleat, asam palmitat, asam oleat, dan asam stearat. Asam lemak esensial tersebut dapat mencegah kulit berjerawat, infeksi kulit dan masalah kulit lainnya.

4. Kulit lebih halus dan kenyal
Kuaci memiliki banyak nutrisi yang baik untuk kulit. Biji bunga matahari tersebut dapat memberikan kelembapan pada sel-sel kulit sehingga tekstur kulit tampil lebih sehat, kenyal dan halus.

BAGIKAN