Seru… Peristiwa Pasca Duel Khabib vs MacGregor

Khabib Nurmagomedov sudah dinyatakan menang atas Conor McGregor melalui teknik guillotine choke (cekikan) dan MacGregor tap out (menyerah). Tapi, Khabib masih akan menghajar McGregor, kemudian dipisah wasit Herb Dean. Foto: ESPN

@Rayapos | Jakarta – Duel Khabib Nurmagomedov vs Conor McGregor sudah dimenangkan Khabib. Tapi ekor duel belum selesai.

Melalui Instagram, Khabib, juara dunia kelas ringan Ultimate Fighting Championship (UFC), menyatakan akan menarik diri dari kejuaraan UFC.

Khabib juga tidak akan menyerah untuk terus memperjuangan atlet UFC yang satu tim dengannya yang terancam sanksi manajemen UFC, Zubaira Tukhugov..

Sampai kini, Khabib mengaku belum menerima bayaran 2 juta dolar AS (Rp 30,371 miliar) yang merupakan bayarannya saat bertanding melawan Conor McGregor.

Ancaman Khabib itu disampaikan sebagai buntut dari sanksi yang akan dijatuhkan manajemen UFC 229 terhadap Zubaira Tukhugov.

Zubaira Tukhugov adalah atlet UFC yang juga anggota tim Khabib Nurmagomedov saat bertanding melawan McGregor.

Zubaira tertangkap kamera melompati batas atau pagar ring UFC dan kemudian memukul Conor McGregor.

“Dalam hal apa pun, hukumlah saya, @Zubairatukhugov (Zubaira Tukhugov anggota tim Khabib-Red) tidak ada hubungannya dengan hal ini. Jika anda berpikir bahwa saya akan tetap diam maka Anda keliru,” tulis Khabib melalui akun instagramnya.

Khabib menulis statusnya dalam bahasa Inggris. Ditujukan khusus kepada UFC.

Khabib juga menuntut keadilan kepada UFC yang dinilai tidak fair, karena tidak memberikan sanksi McGregor dan timnya.

Khabib juga mempersoalkan keputusan UFC 229 yang membatalkan pertarungan Zubaira melawan Lobov dan sekarang akan menghukumnya karena dia memukul Conor.

McGregor sebelum pertandingan menghina Khabib dengan mengungkit masalah SARA. McGregor juga menuduh manajer Khabib sebagai teroris.

“Mengapa Anda (UFC) tidak menghukum siapa pun ketika mereka (tim McGregor) menyerang bus dan melukai beberapa orang,” ujar Khabib.

Dia melanjutkan, “Mereka bisa saja membunuh seseorang di luar sana. Mengapa tidak ada yang mengatakan sesuatu soal menghina tanah air, agama, bangsa dan keluarga?”

Simak status Khabib Nurmagomedov di akun instagramnya yang sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia.

@khabib_nurmagomedov: Saya ingin hal ini ditujukan untuk UFC.

Mengapa anda tidak menghukum siapapun ketika mereka (tim McGregor) menyerang bus dan melukai beberapa orang?

Mereka bisa saja membunuh seseorang di luar sana.

Mengapa tidak ada yang mengatakan sesuatu soal menghina tanah air, agama, bangsa dan keluarga?

Dalam hal apa pun, hukumlah saya, @Zubairatukhugov (Zubaira Tukhugov anggota tim Khabib-Red) tidak ada hubungannya dengan hal ini. Jika anda berpikir bahwa saya akan tetap diam maka Anda keliru.

Anda membatalkan pertarungan Zubaira (melawan Lobov) dan ingin menghukumnya karena dia memukul Conor.

Tetapi jangan lupa jika Conor telah memukul ‘saudara’ saya yang lain lebih dulu, cukup periksa saja videonya.

Jika anda memutuskan untuk memecatnya, anda harus tahu jika Anda akan kehilangan saya juga. Kami tidak akan meyerah pada saudara-saudara kami di Rusia dan saya akan perjuangankan itu.

Jika anda memutuskan untuk memecatnya, jangan lupa untuk kirimi saya kontrak pembatalan, atau akan saya batalkan sendiri.

Dan satu hal lagi, Anda bisa terus menahan uang saya (sebesar USD 2 juta). Anda cukup sibuk dengan itu, saya harap itu tidak terjebak di tenggorokanmu.

Kami telah membela kehormatan kami dan inilah yang paling penting. Kami berniat mengurusnya hingga akhir.

Baca Juga:

Ketika Driver Ojol Ngobrol Bareng Orang Terkaya Dunia

Kisruh Logo PSMS Medan, Ketum Terancam Dipidana

Pesawat F-35 Jatuh, Pentagon Kandangkan Seluruh Jet Tempurnya

Khabib dan McGregor Akan Disanksi

Dilansir dari ESPN, Komisi Atletik Negara Nevada (NSAC) menyatakan, akan memberikan sanksi penangguhan sementara oleh Komisi Atletik Negara Nevada. Itu sambil menunggu penyelidikan penuh.

Pasangan ini terlibat dalam perkelahian setelah pertarungan gelar kelas ringan mereka di UFC 229 pada Sabtu malam lalu.

Baik McGregor dan Nurmagomedov akan diberikan penangguhan 10 hari pada 15 Oktober.

NSAC kemudian akan memberikan suara pada 24 Oktober mengenai apakah keduanya akan ditangguhkan tanpa batas, lapor ESPN.

Khabib belum dibayarkan honornya USD 2 juta karena keterlibatannya dalam kerusuhan.

McGregor telah menerima USD 3 juta setelah awalnya dibersihkan dari kesalahan.

Tetapi sekarang McGregor bisa didenda dan dilarang, setelah rekaman menunjukkan dia juga memukul official Khabib.

Soal bisnis pertunjukan, pertarungan itu memecahkan rekor pay per view (PPV). Tapi tidak mencapai perkiraan yang diprediksi oleh Dana White dan McGregor.

Angka-angka itu merosot sekitar 1,9 juta pada pay-per-view tradisional, dan mendekati 480.000 melalui streaming, total 2,4 juta.

Menjelang perkelahian, McGregor menyarankan akan ada lebih banyak lagi, meningkatkan dompetnya.

Dia berkata: “Kami memperkirakan sekitar 3 hingga 3,5 juta pembelian.”

“Saya perkirakan, mendekati angka USD 50 juta (£ 38m). Jadi, pendapatan USD 50 juta dari pertarungan seni bela diri campuran, itu cukup menakjubkan. ”

UFC Batalkan Duel Zubaira vs Tukhugov

Sebelumnya, Zubaira Tukhugov memang telah mengaku secara terang-terangan ikut menyerang Conor McGregor. Itu terjadi setelah pertandingan Khabib ves McGregor di UFC 229 T-Mobile Arena, Las Vegas, Amerika Serikat, Sabtu (6/10/2018).

Laga utama UFC 229 itu dimenangkan oleh Khabib setelah McGregor melakukan tap out (menyerah) pada ronde keempat.

Namun “keseruan” laga malam itu terus berlanjut saat Khabib berusaha menghampiri salah satu rekan Conor McGregor, Dillon Danis, yang terus melakukan provokasi.

Sempat dihalangi oleh beberapa petugas, Khabib yang sudah kadung emosi tetap berhasil melompati pagar pembatas octagon dan menghampiri Dillon Danis.

Zubaira yang terprovokasi dengan Dillon Danis, kemudian masuk ke octagon dan langsung menyerang McGregor dari arah belakang.

“Saya memukulnya,” kata Zubaira Tukhugov.

Atas aksi ini, UFC bakal memberi hukuman kepada Zubaira.

Promotor pertandingan dikabarkan telah membatalkan laga Zubaira Tukhugov Vs Artem Lobov, yang dijadwalkan akan bertanding pada 28 Oktober mendatang.

Ayah yang Bijak

Sementara itu, ayah Khabib, Abdulmanap Nurmagomedov menulis di Instagram, dia memaafkan McGregor, meskipun dirinya sudah dihina.

“Saya memaafkan Conor McGregor. Itu sudah jadi masa lalu,” tulis Abdulmanap Nurmagomedov dalam akun Instagram @abdulmanap.nurmagomedov.

Dilansir dari Daily Mail, Abdulmanap menceritakan bahwa dirinya tidak bisa mengikuti pertandingan putranya karena tidak mendapatkan visa masuk Amerika.

Namun atas kejadian kekerasan yang terjadi diluar ring, justru membuat Abdulmanap kecewa pada putranya.

Meskipun dirinya tahu penyebab anaknya emosi, karena McGregor menghina, tapi Abdulmanap mengatakan, dia akan tetap menghukum anaknya yang dirasa kelewatan.

“Kamu bisa melakukan apa pun di dalam oktagon (ring). Di luar itu, ada anak-anak, ada perempuan, orang-orang umum,” tutur Abdulmanap dikutip dari Daily Mail.

“Tim saya sudah dikenal dengan disiplinnya. Karena itulah sanksi saya pada Khabib akan lebih berat dibanding yang dia terima dari UFC,” ujar Abdulmanap. (*)

BAGIKAN