Sidang Ahok Untungkan Pedagang Kecil

@Rayapos | Jakarta: Pedagang di sekitar Jalan RM Harsono, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, merasa beruntung dengan sidang kasus penistaan agama yang melibatkan Gurbenur Jakarta nonaktif Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) di Kementerian Pertanian (Kementan).

Seorang pedagang kaki lima (PKL) yang bernama Eni Kuswati (35) menyatakan pendapatannya melonjak dua kali lipat dari keuntungannya saat ditemui Antara, Selasa. Sehari-harinya Eni berjualan minuman dan makanan ringan dengan kisaran harga untuk minuman Rp3ribu – Rp5ribu/botol sedangkan untuk goreng-gorengan serta mie instan berkisar harga Rp2ribu – Rp6ribu/porsi.

“Biasanya, hanya dapat Rp200ribu tetapi karena ada sidang kadang dapat sampai Rp500ribu,” tutur Eni.

Eni mengungkapkan bahwa pembeli dagangannya berasal dari pendemo, polisi, dan pers yang menghadiri sidang Ahok di sekitar Jalan RM Harsono.

“Pembelinya itu ya orang-orang demo, polisi-polisi, dan wartawan yang ngeliput sidang,” kata Eni.

Sependapat dengan Eni, seorang pedagang handuk, Edi (54) juga mengungkapkan bahwa pendapatannya cukup meningkat, berbeda jika dibandingkan dengan pendapatannya ketika berjualan di pasar.

“Ya, lumayan juga kalau ke pasar saya dapat Rp100ribu, tapi kalau di sini Rp150ribu,” jelas Edi.

Sidang ke delapan kasus Ahok terlihat semakin ramai oleh pendukung maupun penenentang Ahok. Dari pantauan Antara, keamanan untuk pendukung dan penentang Ahok masih dipisahkan dengan jarak sekitar 300meter dengan diberi pembatas kawat berduri. [ant]

Comments

comments

LEAVE A REPLY