@Rayapos | Jakarta – Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi DKI Jakarta menggelar sosialisasi terpadu peraturan daerah (Perda) di lima wilayah DKI Jakarta.

Plt Kasatpol PP DKI Jakarta, Kusmanto mengatakan, salah satu pengawasan atau sosialisasi terkait pelaksanaan perda provinsi DKI Jakarta Nomor 8 Tahun 2007 tentang Ketertiban Umum.

Perda ini berisi soal ketatan membuang sampah dan pengenalan kawasan bebas asap rokok yang juga teruang Peraturan Gubernur (Pergub) nomor 50 tahun 2012 tentang pedoman pelaksanaan, pembinaan, pengawasan dan penegakan hukum kawasan dilarang merokok.

“Itu sebenarnya mereka sudah tau daerah kawasan mall, pasal pergub ini sudah lama di edarkan, tinggal kita pengawasan aja, terpadu di lima wilayah kota,” kata Kusmanto saat kepada Rayapos Rabu (5/12/2018).

Dia menjelaskan mekanisme pengawasan dan sosialisasi yang dilakukan hari ini, dengan cara mendatangi langsung pedagang dan pengunjung pasar dalam memberikan pengarahan.

“kita mengundang, kaya UKM, melihat juga prodak-prodak menggunakan bahan yang dilarang, apakah menggunakan formalin, ini juga masuk di perda ketertipan umum, operasinya terpadu tapi juga soal kawasan bebas rokok,” kata dia.

Lanjut dia menambahkan pengawasan terpadu hari ini juga melibatkan Pedagang Kaki Lima dan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial.

Menurutnya persoalan itu juga masuk dalam perda ketertiban umum.

“Masuk semua kita sampaikan di 5 titik wilayah, seperti mall, dan pasar, kalau khusus rokok, pada dasarnya perokok sendiri sudah mengetahui kok, masa di swalayan ac, boleh ngerokok, kan enggak boleh,” tandasnya.

BAGIKAN