Stok Beras Babel Capai 4.780 Ton

rayapos.com - produksi beras
Beras (Foto: rayapos.com)

@Rayapos | Pangkalpinang: Stok beras di sejumlah gudang distributor Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mencapai 4.780 ton atau cukup hingga dua bulan kedepan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di daerah itu.

“Pasokan beras berjalan lancar dan harga masih bertahan normal,” kata Kasi Pengadaan dan Penyaluran Disperindag Provinsi Kepulauan Babel, Marhoto di Pangkalpinang, Kamis(26/1).

Ia menjelaskan sebanyak 4.780 ton beras itu tersebar di gudang PT Bina Purnama Bersama 700 ton, Bangka Alam Sejahtera 900 ton, Akon 340 ton, dan gudang Bulog sebanyak 1.350 ton.

Stok beras di gudang beras toko Hartono mencapai 620 ton, UD Mayar Jaya Belitung 620 ton, CV AS 320 ton, dan PT Globus Internusa Belitung sebanyak 550 ton.

“Diperkirakan stok beras akan terus bertambah, karena pelayaran kapal angkutan barang masih berjalan lancar seiring kondisi perairan yang aman untuk pelayaran kapal laut,” ujarnya.

Ia mengatakan harga beras di tingkat distributor masih bertahan normal, seperti beras merek 118/AAA bertahan Rp11.000 per kilogram, RM dan TR bertahan Rp11.500 per kilogram.

“Dalam beberapa bulan terakhir ini beras bertahan normal, tidak seperti kebutuhan lainnya yang berfluktuasi tinggi,” ujarnya.

Menurut dia dalam menjaga stabilitas harga beras ini, pihaknya bekerja sama dengan Bulog mengencarkan operasi pasar guna membantu ekonomi masyarakat kurang mampu.

“Saat ini kami sedang melakukan operasi pasar di sejumlah pasar tradisional Kota Pangkalpinang. Permintaan beras OP cukup tinggi sehingga mengurangi permintaan beras di pedagang sembako,” ujarnya. [ant]

Comments

comments