FOTO: RAYAPOS/KEMAL MAULANA

@Rayapos | Jakarta – Suasana mencekam terasa saat memasuki underpass atau jalur lintas bawah Matraman, Jakarta Timur. Pasalnya seluruh lampu penerangan jalan yang ada di dalam underpass menuju kawasan Pramuka, tidak berfungsi.

Berdasarkan pantauan Rayapos Rabu malam (5/12/2018) sekitar pukul 22.00 WIB, underpass ini gelap gulita. Jika dilihat dari kejauhan underpass ini nampak terang benderang karena adanya sorotan dari sinar lampu kendaraan yang melintas.

Namun saat tidak adanya kendaraan yang melintas, suasana underpass kembali menjadi gelap gulita. Padahal underpass ini dibangun dengan biaya yang tidak sedikit.

Salah seorang pengendara motor asal Cililitan, Jakarta Timur Armeyn (30) menjelaskan, underpass matraman sudah gelap sejak 3 Desember.

“Kemarin saya pulang kerja juga gelap, ya gak tau kenapa, kan ada lampu motor, tapi kalau sepi sih kita seram juga, gelap,” ucap Armeyn dari dalam underpass.

FOTO: RAYAPOS/KEMAL MAULANA
FOTO: RAYAPOS/KEMAL MAULANA

Belum diketahui penyebab padamnya sederet lampu penerangan di dalam underpass ini, apakah ada kerusakan atau karena aliran listrik yang mati.

Dari pengamatan Rayapos hingga memasuki hari Kamis pukul 00.00 Wib, lampu penerangan jalan di dalam underpass belum juga menyala.

Diinformasikan jalan lintas bawah matraman ini, merupakan bagian dari 3 proyek fly over dan 3 underpass yang dibangun melalui dana APBD DKI Jakarta tahun anggaran 2016 dan 2017.

Total anggarannya mencapai Rp 750 Milliar, Tiga lokasi flyover itu berada di Cipinang Lontar, Jakarta Timur; Pancoran, Jakarta Selatan dan Bintaro, Jakarta Selatan.

Sementara tiga underpass itu adalalah underpass Mampang-Kuningan, Matraman-Salemba dan Jalan Kartini.