Fenomena embun es di Dataran Tinggi Dieng

@Rayapos | Banjarnegara – Fenomena embun es kembali terjadi di dataran tinggi Dieng. Bahkan pada Rabu (25/7/2018) pagi, area yang tertutup es lebih luas jika dibanding sebelumnya. Jika sebelumnya hanya di area candi Arjuna, tadi pagi menyentuh area parkir

Diungkapkan Kepala UPT Dieng Aryadi Darwanto, suhu udara di Dieng tadi pagi mencapai minus 5 derajat celsius sehingga lebih dingin dari sebelumnya.

“Tadi pagi suhu udara di Dieng ada yang sampai minus 5 derajat celsius. Termasuk di area Candi Arjuna,” ujar Aryadi ketika dihubungi awak media.

Selain di kawasan candi, lanjut dia, fenomena embun es tersebut juga muncul di lahan kentang milik warga. Hal itu tentunya berdampak pada tanaman yang berubah menjadi kuning dan mati.

Baca Juga:

Hina Nabi Muhammad SAW, MG Divonis Empat Tahun Penjara

KPU Lamongan Coret 4 Bacaleg Mantan Koruptor

“Oleh karena itu, orang di Dieng menyebut embun es ini dengan sebutan bun upas. Karena embun es ini bisa mematikan tanaman,” tegasnya.

Aryadi pun mengimbau bagi wisatawan dari luar daerah yang akan ke Dieng dalam waktu dekat, agar membawa jaket tebal. Mengingat puncak dingin diprediksi masih terus terjadi hingga akhir Bulan Agustus mendatang.

“Apalagi besok tanggal 3-5 Agustus akan ada perhelatan Dieng Culture Festival yang akan diikuti berbagai wisatawan dari luar daerah. Kalau yang sudah pernah ke Dieng mungkin sudah tahu tetapi kalau yang belum harus membawa jaket tebal,” tukasnya.

BAGIKAN